Roboguru

<!--td {border: 1px solid #ccc;}br {mso-data-placement:same-cell;}--> Tidak berlakunya lagi Undang-Undang Dasar Sementara 1950, merupakan momen peristiwa penting ...

Tidak berlakunya lagi Undang-Undang Dasar Sementara 1950, merupakan momen peristiwa penting ...undefined 

Jawaban:

Latar belakang terbentuknya UUDS 1950 karena dibubarkannya RIS. RIS dibubarkan karena adanya demo besar-besaran dari rakyat yang menuntut kembalinya Indonesia menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konstitusi tersebut dinamakan "sementara", karena hanya bersifat sementara. Menunggu terpilihnya Dewan Konstituante hasil pemilihan umum yang akan menyusun konstitusi baru. Ketidakberhasilan Konstituante dalam menjalankan tugasnya mendorong pemerintah untuk segera bertindak agar kekacauan politik segera diatasi. Presiden Soekarno berpidato di depan Konstituante pada 22 April 1959 yang isinya menganjurkan untuk kembali ke Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan demikian tidak diberlakukannya lagi UUDS 1950 merupakan peristiwa penting berakhirnya Demokrasi Liberal dan beralih ke masa Demokrasi Terpimpin lewat Dekrit Presiden 5 Juli 1959.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved