Roboguru

Jelaskan hubungan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dengan dimulainya Masa Demokrasi Terpimpin ...

Pertanyaan

Jelaskan hubungan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dengan dimulainya Masa Demokrasi Terpimpin ...

Pembahasan Soal:

Kehidupan politik pada Masa Demokrasi Liberal atau Parlementer yang berlangsung selama 9 tahun dari (1950-1959) diwarnai oleh ketidakstabilan dan inkonsistensi perubahan. Persaingan partai-partai politik yang menyebabkan terus pergantian kabinet sebanyak 7 kali selama rentang waktu 9 tahun. Selain itu, Dewan Konstituante hasil Pemilu 1955 yang bertugas untuk merumuskan Konstitusi baru belum juga mencapai kata sepakat diakibatkan karena tajamnya perbedaan ideologi di dalamnya. 
Dalam rangka mengatasi berbagai persoalan tersebut, akhirnya Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959 yang berisi sebagai berikut : 

  • pembubaran Dewan Konstituante hasil Pemilu 1955, 
  • tidak berlakunya Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS) 1950 dan kembali berlakunya Undang-Undang Dasar (UUD) 1945,
  • pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) dan Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) yang diberlakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Dengan adanya Dekrit Presiden ini maka berakhir salah satu Periode dalam Sejarah Indonesia yang dikenal Masa Demokrasi Liberal yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, ditandai dengan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan dan Presiden sebagai kepala negara, ke periode yang kemudian disebut sebagai Masa Demokrasi Terpimpin yang menerapkan sistem pemerintahan Presidensil dengan dipimpin oleh institusi kepresidenan yang sangat otoriter dan jauh dari nilai-nilai demokrasi universal.
Dengan demikian, Dekrit Presiden merupakan penanda dimulainya sistem Demokrasi Terpimpin sebab setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden tersebut, posisi Presiden Soekarno tidak hanya sekedar sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved