Roboguru

Apa saja yang menjadi latar belakang dikeluarkannya Dekret Presiden 5 Juli 1959 ...

Pertanyaan

Apa saja yang menjadi latar belakang dikeluarkannya Dekret Presiden 5 Juli 1959 ...

Pembahasan Soal:

Keputusan Presiden No. 150 tahun 1959 tentang kembali ke Undang-Undang Dasar 1945, atau yang dikenal dengan istilah Dekret Presiden 5 Juli 1959, adalah keputusan legal yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno. Adapun isi dari Dekret Presiden 5 Juli 1959: (1) pembubaran Konstituante, (2) tidak berlakunya UUDS 1950 dan berlaku kembalinya UUD 1945, serta (3) pembentukan MPRS dan DPAS dalam waktu yang singkat.
Adapun alasan Presiden Soekarno mengeluarkan Dekret ini dilatarbelakangi oleh gagalnya Dewan Konstituante dalam menjalankan fungsinya, yaitu untuk menghasilkan konstitusi baru sebagai pengganti Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS) 1950. Mandeknya putusan Dewan Konstituante terkait Konstitusi baru ini diakibatkan pecahnya suara dalam putusan sebagai akibat dari tajamnya ideologi dan kurang dewasanya proses demokrasi. Tercatat dalam tiga kali pengambilan suara dari 30 Mei, 1 dan 2 Juni 1959, putusan tidak mencapai kuorum sehingga Konstitusi baru tidak pernah dihasilkan. 
Melihat keadaan yang semakin tidak menentu, ditambah dengan instabilitas politik yang ditandai dengan pergantian tujuh kabinet dalam rentang waktu sembilan tahun, akhirnya Presiden Soekarno mengeluarkan Dekret 5 Juli 1959. Dengan adanya Dekret Presiden tersebut menandai berakhirnya era Demokrasi Liberal menjadi Demokrasi Terpimpin.

Jadi, latar belakang Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden adalah instabilitas politik akibat sering terjadinya pergantian pembangunan, pembangunan yang tidak berjalan secara maksimal, kondisi keamanan yang tidak menentu, dan dukungan dari Angkatan Darat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved