Roboguru

SMP Sosiologi: Pertanyaan, Jawaban, Latihan Soal & Pembahasan

Urutkan

Jelaskan pendapat yang diutarakan oleh Ralf Dahrendorf mengenai konflik!space space

Pembahasan:

Poin yang ditanyakan adalah pendapat Ralf Dahrendorf mengenai konflik.

Menurut Dahrendorf, konflik hanya muncul melalui relasi-relasi sosial dalam sistem. Maka dari itu, konflik tidak mungkin melibatkan individu ataupun kelompok yang tidak terhubung dalam sistem. Dalam teori ini relasi-relasi di struktur sosial ditentukan oleh kekuasaan. Adapun kekuasaan yang dimaksud adalah kekuasaan atas kontrol dan sanksi yang memungkinkan pemilik kekuasaan memberikan perintah dan meraih keuntungan dari mereka yang tidak berkuasa. Dengan demikian melalui sistem tersebut Dahrendorf mengaitkan pemikiran fungsional mengenai struktur dan fungsi masyarakat dengan teori konflik antarkelas sosial. Selain itu, Dehrendorf tidak memandang masyarakat sebagai suatu hal yang statis, melainkan bisa berubah oleh adanya konflik sosial.

0

Roboguru

Sebaiknya, bagaimana sikap Pak Hendarto menyikapi mobilitas sosial yang terjadi padanya?space space 

Pembahasan:

Poin soal adalah terkait dengan bentuk mobilitas sosial. 

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain baik secara vertikal maupun horizontal. Sehingga dalam mobilitas sosial akan mempengaruhi dalam kepemilikam status sosial masyarakat yang di poengaruhi oleh berbagai faktor seperti Struktural, Ekonomi, politik dan lain sebagainya. Hal ini akan mempengaruhi pergerakan atau perpindahan status sosial naik atau bahkan turun. Karena salah satu bentuk mobilitas sosial adalah mobilitas vertikal yang di bagi menjadi dua yaitu social climbing (mobilitas sosial naik) dan social skining (mobilitas sosial turun). 

Jika dianalisis pada soal, mobilitas yang dialami oleh Pak Hendarto adalah mobilitas vertikal naik(social climbing). Hal ini di pengaruhi oleh kedudukan Pak Hendarto yang berubah dari Sekertaris Camat menjadi seorang Camat artinya kedudukan Pak Hendarto mengalami peningkatan yang akan mempengaruhi wewenang tanggung jawab dan juga pendapatan Pak Hendarto.  Perpindahan kedudukan individu dapat berpengaruh pada sikap individu yang mengalami mobilitas, baik sikap yang positif maupun negatif. Agar tidak terjadi respon negatif bahkan memunculkan konflik pribadi maupun antarindividu, maka sikap Pak Hendarto sebagai individu yang mengalami social climbing adalah dengan kontrol diri agar dapat mengarahkan sikap yang dapat membawa individu ke dampak positif. Kontrol diri yang dimaksudkan adalah  untuk dapat bertanggung jawab atas jabatan dan juga tidak menyalah guanakan jabatan yang dimiliki.

Perlunya kontrol diri karena ketika individu baru saja mengalami perubahan-perubahan, maka memerlukan proses penyesuaian diri lagi, agar proses penyesuaian diri dengan kondisi baru berhasil, maka perlu mengendalikan diri terhadap sesuatu yang berpengaruh negatif. Dengan demikian, sikap Pak Hendarto dalam menghadapi mobilitas sosial yang dialaminya adalah dengan mengontrol diri.space space 

Dari penjelasan tersebut bisa di simpulkan bahwa mobilitas sosial yang dialami oleh Pak Hendarto adalah mobilitas vertikal naik (social climbing). Sikap yang harus di miliki oleh Pak Hendarto dalam menyikapi kenaikan jabatan dari sekretaris camat menjadi camat adalah tetap memiliki kontrol diri dan mengarahkan sikap positif, dan bertanggung jawab atas jabatan yang sedang didudukinya.  

0

Roboguru

Sebutkan 5 contoh aturan yang berlaku di dalam norma norma Indonesia!space space  

Pembahasan:

Poin pada soal terkait pada bentuk norma dalam masyarakat.

Norma adalah kaidah yang menjadi sebuah petunjuk, pedoman untuk seseorang dalam bertindak atau tidak, serta bertingkah laku dalam kehidupan di lingkungan masyarakat. Terbentuknya norma dalam kehidupan masyarakat adalah untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang teratur dan juga tertib untuk mencapai keserasian masyarakat. Sehingga pada norma ini juga akan mengatur sanksi-sanksi sesuai pelanggaran yang di lakukan masyarakat. 

Norma yang ada dalam kehidupan masyarakat itu memiliki dua bentuk yaitu norma tertulis merupakan norma yang sengaja di buat oleh pihak-pihak tertentu untuk mengatur setiap anggotanya, sehingga biasanya norma ini di susun secara sistematis. yang kedua norma tidak tertulis yang merupakan norma yang terbentuk karena adanya kebiasaan dalam kehidupan masyarakat. 

Sehingga jika dianalisis pada soal, Indonesia memiliki banyak sekali norma-norma yang mengatur dalam kehidupan masyarakat. Contoh dalam penerapan norma sebagai aturan-aturan yang mengikat masyarakat. 

Beberapa contoh aturan yang berlaku dalam norma di Indonesia yaitu:

  1. Setiap pengendara harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
  2. Larangan menggunakan narkoba sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Indonesia
  3. Menggunakan bahasa yang halus dan sopan saat berbicara kepada orang yang lebih tua; dan lainnya.
  4. Tidak menyela pembicaraan orang lain.
  5. Siswa bersikap sopan kepada guruspace space  

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa norma adalah aturan yang berfungsi sebagai alat kontrol sosial masyarakat untuk dapat mencapai masyarakat yang teratur. Karena norma memiliki daya ikat yang memaksa masyarakat  untuk mematuhinya, yang penerapannya disesuai kan dengan bentuk norma baik tertulis maupun tidak. Seperti norma yang mengatur pengendara kendaraan, larangan mengkonsumsi obat terlarang bahkan mengatur tindakan masyarakat yang sesuai nilai masyarakat.  

0

Roboguru

Bagaimana sikap yang harus ditunjukkan sekretaris camat tersebut kepada Pak Hendarto?space space 

Pembahasan:

Poin soal adalah upaya menghadapi atau menyikapi mobilitas sosial.

Mobilitas sosial adalah  perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain baik secara vertikal maupun horizontal. Dalam mobilitas sosial ini dapat di pengaruhi oleh faktor ekonomi, pendidikan, atau bahkan kedudukan seorang individu dalam kehidupan masyarakat. Karena dalam mobilitas sosial memiliki salah satu bentuk yaitu mobilitas vertikal naik (social climbing) dan mobilitas vertikal turun (social skining) Hal ini akan mempengaruhi status sosial individu dalam lingkungan sosial. Sehingga individu harus siap dalam bersaing untuk mempertahankan kedudukan atau bahkan mengkatkan kedudukan sosial. 

Jika di kaitakan pada soal dan dianalisis bahwa camat yang sebelumnya dipindahtugaskan sebagai sekretaris camat di kecamatan lainnya, sehingga hal itu menunjukkan adanya mobilitas vertikal ke bawah karena mempengaruhi dari kedudukan yang menurun. Jika sekretaris camat tidak menghadapi mobilitas sosial yang dialaminya dengan baik, maka akan menimbulkan konflik antarindividu. Dengan demikian, sikap yang harus dilakukan sekretaris camat ketika mengalami mobilitas sosial adalah bersikap profesional karena kenaikan jabatan Pak Hendarto menjadi camat merupakan hasil kerja keras yang dilakukannya selama ini, memberikan ucapan selamat, serta tetap berinteraksi dengan Pak Hendarto, baik urusan pekerjaan maupun pribadi.space space 

Jadi dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosial atau perpindahan penduduk dari staus satu kestatus yang lain adalah hal yang selalu dihadapi oleh masyarakat. Karena mobilitas sosial naik di pengaruhi oleh kerja keras individu tersebut. Sehingga sikap yang harus dimiliki oleh individu dalam menyikapi mobilitas sosial ini adalah menerima dan profesional.  

0

Roboguru

Menurut kamu, mobilitas sosial apakah yang terjadi pada Pak Camat yang berubah jabatan menjadi sekretaris camat?space space 

Pembahasan:

Poin soal adalah bentuk mobilitas sosial.

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain baik secara vertikal maupun horizontal. Dalam mobilitas sosial akan mempengaruhi pada status sosial yang dimiliki oleh seorang individu dalam kehiudpan masyarakat. Karena salah satu bentuk mobilitas sosial adalah mobilitas sosial vertikal yang di bagi menjadi dua yaitu sosial climbing atau mobilitas sosial naik dan social skining atau mobilitas sosial turun yang di pengaruhi oleh ekonomi maupun kedudukan yang dimiliki oleh seorang individu dalam masyarakat. 

Pada soal dideskripsikan tentang Pak Camat yang turun jabatan dari camat menjadi sekretaris camat. Perpindahan kedudukan yang dialami Pak Camat merupakan bentuk mobilitas sosial vertikal ke bawah (social sinking). Social sinking merupakan perpindahan kedudukan sosial individu dari tingkatan yang tinggi ke tingkatan yang lebih rendah. Pak Camat semula berada di tingkatan yang tinggi (camat) tetapi karena Pak Hendarto dipindahtugaskan menjadi camat di kecamatannya, maka Pak Camat berpindah ke tingkatan yang lebih rendah (turun jabatan menjadi sekretaris camat). Dengan demikian, mobilitas sosial yang dialami Pak Camat adalah mobilitas vertikal ke bawah atau social sinking.space space 

Dari penjelasan tersebut bisa  disimpulkan bahwa kasus pada soal menunjukan adanya mobilitas vertikal turun (social skining, karena hal ini di perngaruhi perubahan kedudukan pada seorang individu akan mempengaruhi mobilitas sosial individu tersebut. Seperti dari seorang camat di turunkan manjadi sekretaris camat yang akan mempengaruhi perubahan kedudukan, wewenang dan juga pendapatan individu. 

0

Roboguru

Rima yang berasal dari keluarga sederhana menikah dengan seorang pria dari keluarga yang tergolong kaya raya. Hal tersebut, membuat status sosial Rima naik. Dari contoh kasus tersebut saluran mobilitas sosial yang digunakan adalah ...

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah C.

Menurut Pitirim Sorokin, mobilitas sosial bisa dilakukan melalui beberapa saluran mobilitas sosial, yaitu:

  1. Angkatan bersenjata, yakni mobilitas yang terjadi karena status anggota militer yang dianggap tinggi secara sosial dan kewenangannya di sebuah masyarakat.
  2. Lembaga-lembaga keagamaan, yakni saluran yang menyebabkan seseorang untuk meningkatkan derajat sosialnya berdasarkan pengetahuan agama.
  3. Organisasi politik, merupakan saluran yang meningkatkan status seseorang dari aspek politik seperti presiden, anggota DPR, dan ketua RT.
  4. Organisasi ekonomi, merupakan saluran mobilitas sosial dalam aspek materil atau ekonomi seseorang.
  5. Organisasi keahlian, mobiltias sosial juga dapat terjadi karena kemampuan seseorang. Biasanya, dalam saluran ini seseorang akan dilihat berdasarkan keterampilan atau tingkat pendidikannya.
  6. Perkawinan, saluran ini dapat dilihat dari perkawinan seseorang seperti antara  laki-laki yang kurang mampu dengan perempuan kaya.

Bedasarkan contoh kasus pada soal, berubahnya status Rima secara ekonomi yang terjadi karena pernikahannya dengan pasangannya yang berasal dari keluarga kaya menjadikan saluran mobilitas sosial yang diterima oleh Rima adalah saluran perkawinan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Ketika remaja, hidup Maya serba pas-pasan. Bahkan, setiap pulang ia harus mencari nafkah dengan menjadi pelayan toko sembako di daerahnya. Dengan semangat hidup dalam keprihatinan, akhirnya ia berhasil menjadi seorang sarjana yang kompeten di bidangnya. Selain itu, ia juga bekerja di salah satu perusahaan besar dengan gaji yang layak. Mobilitas sosial yang dialami Maya tersebut menggunakan saluran mobilitas sosial ...

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah C.

Menurut Pitirim Sorokin, mobilitas sosial bisa dilakukan melalui beberapa saluran mobilitas sosial, yaitu:

  1. Angkatan bersenjata, yakni mobilitas yang terjadi karena status anggota militer yang dianggap tinggi secara sosial dan kewenangannya di sebuah masyarakat.
  2. Lembaga-lembaga keagamaan, yakni saluran yang menyebabkan seseorang untuk meningkatkan derajat sosialnya berdasarkan pengetahuan agama.
  3. Organisasi politik, merupakan saluran yang meningkatkan status seseorang dari aspek politik seperti presiden, anggota DPR, dan ketua RT.
  4. Organisasi ekonomi, merupakan saluran mobilitas sosial dalam aspek materil atau ekonomi seseorang.
  5. Organisasi keahlian, mobiltias sosial juga dapat terjadi karena kemampuan seseorang. Biasanya, dalam saluran ini seseorang akan dilihat berdasarkan keterampilan atau tingkat pendidikannya.

Bedasarkan contoh kasus pada soal, meningkatnya status sosial seseorang yang diakibatkan oleh kepemilikan gelar sarjana dan gaji yang lebih tinggi dibandingkan anggota keluarga yang lainnya disebabkan karena adanya saluran lembaga pendidikan atau keahlian dan ekonomi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Sedikitnya pilihan dan lowongan pekerjaan di desa, mendorong banyak penduduk desa yang merantau ke kota untuk bekerja. Contoh tersebut merupakan gejala mobilitas sosial yang didorong oleh ...

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah A.

Terdapat beberapa faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial, diantaranya adalah:

  1. Faktor struktural, yaitu suatu jumlah penduduk yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi Faktor individu, yaitu suatu kualitas dari seorang individu, baik dilihat dari penampilan atau tingkat pendidikan.
  2. Status sosial, yaitu seseorang memiliki status sosial dari sejak lahir. Status sosial tersebut berasal dari kedua orang tuanya.
  3. Keadaan ekonomi, yaitu kegiatan ekonomi dapat memberikan dorongan mobilitas sosial.
  4. Situasi politik, yaitu suatu politik dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial juga. Keadaan negara yang tidak menetu dapat merusak mobilitas sosial.
  5. Kependudukan, yaitu jumlah penduduk indonesia semakin banyak, maka akan sering terjadinya mobilitas sosial semakin banyak.
  6. Komunikasi yang bebas, yaitu suatu masyarakat yang menggunakan komunikasi secara bebas. Kumunikasi bebas juga sebagi cara efektif untuk melakukan mobilitas.
  7. Pembagian kerja, yaitu tingkat pembagian kerja yang sangat tinggi , sehingga mobilitas sosial semakin banyak.

Berdasarkan contoh pada soal, berpindahnya penduduk desa ke kota demi mencari pekerjaan yang layak merupakan fenomena mobilitas sosial yang diakibatkan oleh kondisi ekonomi. Penduduk desa yang hendak mencari pekerjaan ke kota sebenarnya berusaha untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru
12

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved