Roboguru

Suatu uji bahan pewarna makanan dilakukan pada produk makanan yang dijual di pinggir jalan. Berdasarkan hasil uji laboratorium, ternyata beberapa jenis produk mengandung pewarna yang tidak diijinkan yaitu pewarna tekstil. Menurut pendapat kamu bagaimanakah solusi yang dapat ditempuh oleh siswa, badan POM, dan kepolisian agar tidak terjadi penyalahagunaan bahan seperti ini?

Pertanyaan

Suatu uji bahan pewarna makanan dilakukan pada produk makanan yang dijual di pinggir jalan. Berdasarkan hasil uji laboratorium, ternyata beberapa jenis produk mengandung pewarna yang tidak diijinkan yaitu pewarna tekstil. Menurut pendapat kamu bagaimanakah solusi yang dapat ditempuh oleh siswa, badan POM, dan kepolisian agar tidak terjadi penyalahagunaan bahan seperti ini?undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Upaya yang dapat dilakukan siswa adalah tidak mengkonsumsi bahan makanan yanng telah terbukti mengandung pewarna tekstil tersebut. Upaya yang dapat dilakukan pihak yang berwenang misalnya badan POM adalah melakukan sosialisasi dan tindakan tegas pada pelaku-pelaku kecurangan bekerjasama dengan kepolisian. Oleh karena itu, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan masing-masing pihak agar tidak terjadi penyalahgunaan pewarna tekstik pada makanan dan minuman, yaitu:

Siswa : 

  • Memahami bahayanya
  • Mengetahui ciri-cirinya
  • Membawa bekal dari rumah dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pewarna tekstil

Badan POM:

  • Memberikan sosialisasi
  • Meningkatkan pengawasan
  • Melakukan Pengujian berkala
  • Membatasi produksi dan pemasarannya

Kepolisian:

  • Melakukan penindakan tegas
  • Melakukan penertiban  
     

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Zat aditif yang mempunyai kandungan gizi adalah....

Pembahasan Soal:

Zat aditif yang mempunyai kandungan gizi adalah Beta-Karoten. Beta-Karoten adalah zat bernutrisi yang disebut juga Pro-Vitamin A, atau bahan dari Vitamin A. Vitamin ini berguna menjaga mata agar sehat dan untuk pertumbuhan, termasuk gigi dan kulit yang sehat. Beta Karoten sering digunakan sebagai zat aditif untuk memberi warna jingga atau merah kekuningan pada makanan, menambah vitamin A dan mengawetkan makanan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space

Roboguru

Zat aditif sintetis paling banyak ditemukan pada

Pembahasan Soal:

Zat aditif sintetis adalah zat aditif yang diperoleh melalui proses kimia. Terdapat berbagai macam zat aditif sintetis antara lain zat pewarna sintetis, zat pemanis sintetis, zat pengawet sintetis, zat pemberi aroma sintetis dan zat penyedap sintetis.

Diantara pilihan yang ada, permen paling banyak memiliki zat aditif sintetis. Di dalam permen biasanya terdapat zat pewarna sintetis, zat pemanis sintetis, zat pengawet sintetis, dan zat pemberi aroma sintetis.

Dengan demikian, zat aditif sintetis paling banyak ditemukan pada permen. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.space 

Roboguru

Perhatikan tabel kandungan beberapa jenis produk makanan di bawah ini! Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut. Untuk jenis makanan yang paling tidak layak dikonsumsi, berikan alter...

Pembahasan Soal:

Makanan yang tidak layak dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung zat aditif seperti pengawet buatan, pemanis buatan, pewarna buatan, penyedap rasa dan lain-lain. Berdasarkan tabel, jenis produk makan K merupakan jenis makanan yang paling tidak layak konsumsi. Alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan pewarna alami, pengawet alami, pemanis alami serta penyedap rasa alami.

Jadi, untuk jenis produk makanan K agar layak dikonsumsi dapat menggunakan alternatif bahan pengganti yaitu menggunakan pemanis alami seperti gula tebu atau gula merah, menggunakan pewarna alami seperti daun suji untuk warna hijau dan kunyit untuk warna kuning, serta dapat menggunakan pengawet alami seperti garam, kluwak, atau kayu manis.

 

 

Roboguru

Tuliskan 5 contoh zat aditif yang biasa ditambahkan pada makanan!

Pembahasan Soal:

Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan ke dalam makanan atau minuman dengan tujuan tertentu. Zat aditif yang biasa ditambahkan pada makanan antara lain :

  1. Zat pengawet yang berfungsi untuk menjaga nutrisi yang ada pada makanan agar tetap terjaga sehingga makanan lebih tahan lama disimpan.
  2. Zat pewarna yang berfungsi untuk membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik.
  3. Zat penyedap yang berfungsi untuk membuat makanan rasanya lebih enak.
  4. Zat pemanis yang berfungsi untuk membuat makanan mempunyai rasa manis lebih.
  5. Zat pengemulsi yang berfungsi untuk memudahkan proses pembuatannya.space 
Roboguru

Zat aditif yang berfungsi sebagai sekuestran adalah...

Pembahasan Soal:

Zat aditif yang berfungsi sebagai sekuestran adalah EDTA.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved