Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu senyawa disakarida bila dihidrolisis dalam asam klorida encer menghasilkan 2 zat yang berbeda dan terbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling, maka senyawa yang dimaksud adalah ....

Suatu senyawa disakarida bila dihidrolisis dalam asam klorida encer menghasilkan 2 zat yang berbeda dan terbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling, maka senyawa yang dimaksud adalah ....

  1. sukrosa

  2. glukosa

  3. selulosa

  4. laktosa

  5. maltosa

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.

Iklan

Pembahasan

Disakarida terjadi karena penggabungan 2 molekul monosakarida dengan pelepasan air. Pada hidrolisis akan terbentuk monosakarida-monosakarida penyusunnya. Contoh disakarida: sukrosa, laktosa, maltosa. Sukrosa terdiri darifruktosa dan glukosa.Hidrolisis sukrosa dengan bantuan asam atau enzim invertase akan menghasilkan glukosa dan fruktosa. Hidrolisis laktosa dengan katalisenzim laktaseakan menghasilkan glukosa dan galaktosa.Laktosa merupakan gula pereduksi karena dapat mereduksi pereaksi fehling, benedict, dan pereaksi Tollens. Hidrolisis maltosa akan menghasilkan dua satuan glukosa. Maltosa merupakan gula pereduksi karena dapat mereduksi pereaksi fehling, benedict, dan pereaksi Tollens. Uji Fehling Digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa, dan lain-lain. Uji positif ditandai dengan warna merah bata.Pada aldehid ⇒ menghasilkan endapan merah bata dan pada keton ⇒ tidak bereaksi, Berdasarkan uraian di atas,suatu senyawa disakarida bila dihidrolisis dalam asam klorida encer menghasilkan 2 zat yang berbeda dan terbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling, maka senyawa yang dimaksud adalah laktosa. Hal ini karena laktosa terdiri dari glukosa dan galaktosa dan mengandung aldosa atau gugus aldehid sehinggaterbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Disakarida terjadi karena penggabungan 2 molekul monosakarida dengan pelepasan air. Pada hidrolisis akan terbentuk monosakarida-monosakarida penyusunnya. Contoh disakarida: sukrosa, laktosa, maltosa.

  • Sukrosa terdiri dari fruktosa dan glukosa. Hidrolisis sukrosa dengan bantuan asam atau enzim invertase akan menghasilkan glukosa dan fruktosa.
  • Hidrolisis laktosa dengan katalis enzim laktase akan menghasilkan glukosa dan galaktosa. Laktosa merupakan gula pereduksi karena dapat mereduksi pereaksi fehling, benedict, dan pereaksi Tollens.
  • Hidrolisis maltosa akan menghasilkan dua satuan glukosa. Maltosa merupakan gula pereduksi karena dapat mereduksi pereaksi fehling, benedict, dan pereaksi Tollens.

Uji Fehling

  • Digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa, dan lain-lain.
  • Uji positif ditandai dengan warna merah bata. Pada aldehid ⇒ menghasilkan endapan merah bata dan pada keton ⇒ tidak bereaksi,

Berdasarkan uraian di atas, suatu senyawa disakarida bila dihidrolisis dalam asam klorida encer menghasilkan 2 zat yang berbeda dan terbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling, maka senyawa yang dimaksud adalah laktosa. Hal ini karena laktosa terdiri dari glukosa dan galaktosa dan mengandung aldosa atau gugus aldehid sehingga terbentuk endapan merah bata dengan pereaksi fehling.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu disakarida memiliki rumus molekul C 12 ​ H 22 ​ O 11 ​ dari percobaan diperoleh data sebagai berikut. Tidak mereduksi pereaksi Benedict. Pada hidrolisis menghasilkan dua jenis monosakar...

146

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia