Roboguru

Perhatikan tabel kandungan beberapa jenis produk makanan di bawah ini! Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut. Tentukan 1 jenis produk makanan yang paling tidak layak dikonsumsi! Jelaskan jawaban kamu!

Pertanyaan

Perhatikan tabel kandungan beberapa jenis produk makanan di bawah ini!

Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.

Tentukan 1 jenis produk makanan yang paling tidak layak dikonsumsi! Jelaskan jawaban kamu!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jenis produk makanan yang tidak layak dikonsumsi adalah produk makanan K, karena mengandung berbagai zat adiktif yang dibatasi penggunaannya dan juga dilarang penggunaannya, yaitu sakarin sebagai pemanis buatan yang akan berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak, belerang doksida sebagai pengawet makanan yang dalam penggunaannya dapat menimbulkan sesak napas, serta guinea green B dan oil yellow OB yang merupakan pewarna yang dilarang digunakan sebagai pewarna makanan.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Zat aditif yang mempunyai kandungan gizi adalah....

Pembahasan Soal:

Zat aditif yang mempunyai kandungan gizi adalah Beta-Karoten. Beta-Karoten adalah zat bernutrisi yang disebut juga Pro-Vitamin A, atau bahan dari Vitamin A. Vitamin ini berguna menjaga mata agar sehat dan untuk pertumbuhan, termasuk gigi dan kulit yang sehat. Beta Karoten sering digunakan sebagai zat aditif untuk memberi warna jingga atau merah kekuningan pada makanan, menambah vitamin A dan mengawetkan makanan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space

Roboguru

Jelaskan macam-macam pestisida berdasarkan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Pembahasan Soal:

Pestisida adalah bahan atau zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama, baik yang berupa tumbuhan, serangga, maupun hewan lain di lingkungan kita.

  1. Insektisida merupakan pestisida untuk memberantas serangga.Contoh insektisida antara lain diazinon, tiodan, basmion, basudin, propoksur, diklorovinil dimetil fosfat, timbel arsenat, dan magnesium fluorosilikat.
  2. Herbisida merupakan pestisida untuk mencegah dan mematikan gulma atau tumbuhan pengganggu. Contoh herbisida antara lain gramoxone, totacol, pentakloro fenol, dan amonium sulfonat.
  3. Nematisida adalah pestisida untuk memberantas hama cacing. Hama ini sering merusak akar atau umbi tanaman. Contoh nematisida adalah oksamil dan natrium metam.
  4. Fungisida adalah pestisida untuk memberantas jamur (fungi). Contoh fungisida adalah timbel (I) oksida, carbendazim, tembaga oksiklorida, dan natrium dikromat.
  5. Rodentisida adalah pestisida untuk memberantas binatang pengerat, misalnya tikus. Contoh rodentisida adalah warangan (senyawa arsen) dan thalium sulfat.

 

Roboguru

Perhatikan komposisi makanan berikut! Komposisi: Tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, perisa sintetik ayam, gula, penguat rasa monosodium glutamat, kecap asin, g...

Pembahasan Soal:

Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan ke dalam makanan atau minuman dengan tujuan tertentu. Zat aditif dibagi menjadi dua, yaitu zat aditif alami dan zat aditif sintetik (buatan). Zat aditif alami adalah zat aditif yang diperoleh dari alam misalnya tumbuh-tumbuhan. Sedangkan zat aditif sintetik adalah zat aditif yang diperoleh melalui proses kimia. Zat aditif baik alami maupun sintestik yang terkandung dalam makanan meliputi zat pewarna, zat pemanis, zat pengawet, zat pemberi aroma, dan zat penyedap.

Berdasarkan komposisi tersebut, maka:

  • Tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, gula, kecap asin, dan garam merupakan zat aditif alami.
  • Perisa sintetik ayam, penguat rasa monosodium glutamat, pengatur keasaman natrium karbonat, penstabil natrium poliosat, pemantap gom guar, pemanis buatan sukralosa, pewarna cokelat HT Cl 20285 merupakan zat aditif sintetik.space 
Roboguru

Batas maksimal konsumsi.

Pembahasan Soal:

Acceptable Daily Intake (ADI) atau Batas Maksimum Penggunaan (BMP)  adalah suatu batasan berapa banyak konsumsi bahan tambahan makanan setiap hari yang dapat diterima dan dicerna setiap hari tanpa mengalami resiko kesehatan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C (ADI).space

Roboguru

Zat aditif sintetis paling banyak ditemukan pada

Pembahasan Soal:

Zat aditif sintetis adalah zat aditif yang diperoleh melalui proses kimia. Terdapat berbagai macam zat aditif sintetis antara lain zat pewarna sintetis, zat pemanis sintetis, zat pengawet sintetis, zat pemberi aroma sintetis dan zat penyedap sintetis.

Diantara pilihan yang ada, permen paling banyak memiliki zat aditif sintetis. Di dalam permen biasanya terdapat zat pewarna sintetis, zat pemanis sintetis, zat pengawet sintetis, dan zat pemberi aroma sintetis.

Dengan demikian, zat aditif sintetis paling banyak ditemukan pada permen. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved