Roboguru

Pada bahan makanan dan minuman sering terjadi pros...

Pada bahan makanan dan minuman sering terjadi proses biologis dan kimiawi Seperti proses fermentasi di mana berlangsung penguraian senyawa-senyawa organik untuk menghasilkan energi ketika pengubahan substrat menjadi produk baru dengan bantuan mikroba. Manakah produk bioteknologi yang dihasilkan melalui proses Fermentasi?

  1. Alkohol, Tempe, Yogurt dan Tape

  2. Es lilin, Yogurt, Keju dan Tape

  3. Susu, Air Kelapa, Yogurt, dan Kecap

  4. Kecap. Tape, Ikan asin, dan Susu

Jawaban:

Fermentasi adalah suatu proses perubahan enzimatik secara anaerob yang berasal dari senyawa organik kompleks menjadi produk organik yang lebih sederhana. Proses fermentasi menggunakan mikroorganisme yang tidak bersifat patogen sehingga aman bagi kesehatan tubuh. Proses ini dapat menghasilkan alkohol, asam dan gas. Karena manfaatnya yang cukup banyak, maka proses ini biasa digunakan oleh manusia sebagai bagian dari bioteknologi konvensional untuk meningkatkan potensi sumber makanan. Berikut contoh makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi beserta organisme yang beperan di dalamnya.


Dengan demikian produk bioteknologi yang dihasilkan melalui proses fermentasi adalah alkohol, tempe, tape dan yougurt, jawaban yang tepat adalah A

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved