Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lampu di taman berwarna merah dan hijau. Lampu merah menyala setiap 8 detik sekali dan lampu hijau menyala setiap 12 menit sekali. Pada detik keberapa kedua lampu di taman itumenyala bersama-sama?

Lampu di taman berwarna merah dan hijau. Lampu merah menyala setiap 8 detik sekali dan lampu hijau menyala setiap 12 menit sekali. Pada detik keberapa kedua lampu di taman itu menyala bersama-sama?space 

Iklan

S. Nur

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kedua lampu di taman itumenyala bersama-sama pada detik ke 24.

kedua lampu di taman itu menyala bersama-sama pada detik ke 24.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Ingat kembali: -KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari beberapa bilangan-bilangan tertentu. Pada soal di atas memiliki nilai yang cukup besar jika lampu hijau menyala 12 menit sekali, maka kita asumsikan bahwa lampu hijau menyala 12 detik sekali. Soal di atas merupakan soal dengan konsep KPK, dimana untuk menentukan kedua lampu tersebut menyala bersama-sama maka kita dapat menenentukan KPK dari 8 detik dan 12 detik. Untuk menentukan KPK dari 8 dan 12 pertama kita menentukan faktor-faktor prima dengan pohon faktor pada bilangan tersebut: Sehingga faktor dari bilangan tersebut: 8 12 ​ = = = = ​ 2 × 2 × 2 2 3 2 × 2 × 3 2 2 × 3 ​ Selanjutnya: 1. Pilihlah semua faktor-faktor primanya. 8 12 ​ = = ​ 2 3 2 2 × 3 ​ 2. Jika bilangan pokoknya sama, pilih satu bilangan pokok dengan pangkat terbesar. 3. Kalikan bilangan-bilangan yang terpilih. KPK ​ = = = ​ 2 3 × 3 8 × 3 24 ​ Jadi, kedua lampu di taman itumenyala bersama-sama pada detik ke 24.

Ingat kembali:

-KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari beberapa bilangan-bilangan tertentu.

Pada soal di atas memiliki nilai yang cukup besar jika lampu hijau menyala 12 menit sekali, maka kita asumsikan bahwa lampu hijau menyala 12 detik sekali.

Soal di atas merupakan soal dengan konsep KPK, dimana untuk menentukan kedua lampu tersebut menyala bersama-sama maka kita dapat menenentukan KPK dari 8 detik dan 12 detik.

Untuk menentukan KPK dari 8 dan 12 pertama kita menentukan faktor-faktor prima dengan pohon faktor pada bilangan tersebut:

     

Sehingga faktor dari  bilangan tersebut:

Selanjutnya:

1. Pilihlah semua faktor-faktor primanya.

2. Jika bilangan pokoknya sama, pilih satu bilangan pokok dengan pangkat terbesar.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row 8 equals cell bold 2 to the power of bold 3 end cell row blank blank blank row 12 equals cell 2 squared cross times bold 3 end cell end table

3. Kalikan bilangan-bilangan yang terpilih.

 

Jadi, kedua lampu di taman itu menyala bersama-sama pada detik ke 24.

Latihan Bab

Kelipatan dan Faktor

Konsep Bilangan Prima

FPB dan KPK

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Burung ketilang berkicau setiap 15 menit dan burung perkutut berkicau setiap 20 menit. Jika kedua burung ini berkicau bersama-sama pada pukul 07.00, pukul berapa kedua burung itu akan berkicau bersama...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia