Iklan

Pertanyaan

Himpunan penyelesaian dari ∣ x + 2∣ + ∣ x 2 − 4∣ > 10 adalah ....

Himpunan penyelesaian dari  adalah ....

  1. begin mathsize 14px style open curly brackets straight x │ straight x less than fraction numerator negative 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction atau space straight x greater than 3 comma space straight x element of straight R close curly brackets end style 

  2. Error converting from MathML to accessible text. 

  3. begin mathsize 14px style open curly brackets straight x │ straight x less than negative 4 space atau space straight x greater than fraction numerator negative 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction comma space straight x element of straight R close curly brackets end style 

  4. begin mathsize 14px style open curly brackets straight x │ fraction numerator 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction less than straight x less than 3 comma space straight x element of straight R close curly brackets end style 

  5. begin mathsize 14px style open curly brackets straight x │ minus 4 less than straight x less than fraction numerator 1 plus square root of 65 over denominator 2 end fraction space straight x element of straight R close curly brackets end style 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

00

:

33

:

00

Klaim

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan definisi nilai mutlak, maka dan Perhatikan garis bilangan berikut Sehingga didapat bahwa Sehingga penyelesaian dari pertidaksamaan dapat dipecah sebagai berikut : Kondisi pertama Perhatikan kondisi yang pertama, yaitu dan x ≤ -2 . Didapat bahwa : Perhatikan bahwa bentuk kuadrat di ruas kiri tidak dapat langsung difaktorkan Bentuk kuadrat tersebut memiliki nilai a = 1 , b = -1 , dan c = -16 . Selanjutnya pembuat nol dari bentuk kuadrat dapat dicari dengan rumus kuadratik sebagai berikut Maka didapat pembuat nol yaitu atau , Sehingga dapat dibuat garis bilangan seperti berikut Karena tanda pertidaksamaannya adalah > , maka pilih daerah yang bernilai positif, yaitu atau . Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu dan x ≤ -2 dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari penyelesaian kedua pertidaksamaan tersebut. Perhatikan garis bilangan berikut Sehingga didapat penyelesaian untuk kondisi ini adalah . Kondisi kedua Selanjutnya kondisi yang kedua, yaitu dan x = -2 . Perhatikan bahwa untuk x = -2 , maka : Karena 0 < 10, maka x = 2 tidak memenuhi . Sehingga tidak ada penyelesaian untuk kondisi ini. Kondisi ketiga Kemudian perhatikan kondisi yang ketiga, yaitu dan - 2 < x < 2 . Didapat bahwa : Jika diperhatikan, bentuk kuadrat merupakan bentuk kuadrat yang definit negatif karena memiliki koefisien x 2 yang bernilai negatif dan nilai diskiriminannya akan bernilai negatif. Sehingga selalu terpenuhi untuk setiap x ∈ R . Akibatnya pertidaksamaan - x 2 + x - 4>0 tidak memiliki penyelesaian. Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu dan - 2 < x < 2 dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari kedua pertidaksamaan tersebut. Namun, penyelesaian dari merupakan himpunan kosong. Sehingga jika diiris dengan - 2 < x < 2 juga akan menghasilkan himpunan kosong. Sehingga tidak ada penyelesaian untuk kondisi ini. Kondisi keempat Selanjutnya perhatikan kondisi yang pertama, yaitu dan x ≥ 2 . Didapat bahwa : Didapat pembuat nol yaitu x = -4 atau x = 3 . Sehingga dapat dibuat garis bilangan seperti berikut Karena tanda pertidaksamaannya adalah > , maka pilih daerah yang bernilai positif, yaitu x < -4 atau x > 3 . Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu dan x ≥ 2 dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari penyelesaian kedua pertidaksamaan tersebut. Perhatikan garis bilangan berikut Sehingga didapat penyelesaian untuk kondisi ini adalah x > 3. Penyelesaian akhir Dari kondisi pertama, didapat penyelesaian . Dari kondisi kedua, tidak didapat penyelesaian. Dari kondisi ketiga, tidak didapat penyelesaian. Dari kondisi keempat, didapat penyelesaian x > 3 . Penyelesaian dari pertidaksamaan ini adalah gabungan penyelesaian dari kondisi-kondisi di atas. Sehingga didapatkan gabungannya yaitu atau x > 3 . Maka himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan adalah

Berdasarkan definisi nilai mutlak, maka

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell vertical line straight x plus 2 vertical line end cell equals cell open curly brackets table attributes columnalign left columnspacing 1.4ex end attributes row cell straight x plus 2 comma end cell cell straight x plus 2 greater or equal than 0 end cell row cell negative left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis comma end cell cell straight x plus 2 less than 0 end cell end table close end cell row blank equals cell open curly brackets table attributes columnalign left columnspacing 1.4ex end attributes row cell straight x plus 2 comma end cell cell straight x greater or equal than negative 2 end cell row cell negative straight x minus 2 comma end cell cell straight x less than negative 2 end cell end table close end cell end table end style 

dan

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell vertical line straight x squared minus 4 vertical line end cell equals cell open curly brackets table attributes columnalign left columnspacing 1.4ex end attributes row cell straight x squared minus 4 end cell cell straight x squared minus 4 greater or equal than 0 end cell row cell negative left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis end cell cell straight x squared minus 4 less than 0 end cell end table close end cell row blank equals cell open curly brackets table attributes columnalign left columnspacing 1.4ex end attributes row cell straight x squared minus 4 end cell cell straight x less or equal than negative 2 space atau space space straight x greater or equal than 2 end cell row cell negative straight x squared plus 4 end cell cell negative 2 less than straight x less than 2 end cell end table close end cell end table end style 

Perhatikan garis bilangan berikut 

 

Sehingga didapat bahwa

begin mathsize 14px style vertical line straight x plus 2 vertical line plus vertical line straight x squared minus 4 vertical line equals open curly brackets table attributes columnalign left columnspacing 1.4ex end attributes row cell left parenthesis negative straight x minus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis comma end cell cell straight x less than negative 2 end cell row cell left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis end cell cell straight x equals negative 2 end cell row cell left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis negative straight x squared plus 4 right parenthesis comma end cell cell negative 2 less than straight x less than 2 end cell row cell left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis end cell cell straight x greater or equal than 2 end cell end table close end style 

Sehingga penyelesaian dari pertidaksamaan begin mathsize 14px style vertical line straight x minus 2 vertical line plus vertical line straight x squared minus 4 vertical line greater than 10 end style dapat dipecah sebagai berikut :

begin mathsize 14px style 1. space left parenthesis negative straight x minus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis greater than 10 space dan space straight x less than negative 2 2. space left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis greater than 10 space dan space straight x equals negative 2 3. space left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis negative straight x squared plus 4 right parenthesis greater than 10 space dan minus 2 less than straight x less than 2 4. space left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis greater than 10 space dan space straight x greater or equal than 2 end style 


Kondisi pertama

Perhatikan kondisi yang pertama, yaitu begin mathsize 14px style left parenthesis negative straight x minus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis greater than 10 end style dan ≤ -2 . Didapat bahwa :

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell left parenthesis negative straight x minus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis end cell greater than 10 row cell straight x squared minus straight x minus 6 end cell greater than 10 row cell straight x squared minus straight x minus 6 minus 10 end cell greater than 0 row cell straight x squared minus straight x minus 16 end cell greater than 0 end table end style 

Perhatikan bahwa bentuk kuadrat di ruas kiri tidak dapat langsung difaktorkan

Bentuk kuadrat tersebut memiliki nilai = 1 , = -1 , dan = -16 . Selanjutnya pembuat nol dari bentuk kuadrat begin mathsize 14px style straight x squared plus straight x minus 8 end style dapat dicari dengan rumus kuadratik sebagai berikut 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row straight x equals cell fraction numerator negative straight b plus-or-minus square root of straight b squared minus 4 ac end root over denominator 2 straight a end fraction end cell row straight x equals cell fraction numerator negative left parenthesis negative 1 right parenthesis plus-or-minus square root of left parenthesis negative 1 right parenthesis squared minus 4 left parenthesis 1 right parenthesis left parenthesis negative 16 right parenthesis end root over denominator 2 left parenthesis 1 right parenthesis end fraction end cell row straight x equals cell fraction numerator 1 plus-or-minus square root of 1 plus 64 end root over denominator 2 end fraction end cell row straight x equals cell fraction numerator 1 plus-or-minus square root of 65 over denominator 2 end fraction end cell end table end style 

Maka didapat pembuat nol yaitu begin mathsize 14px style space straight x equals fraction numerator 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction end style atau begin mathsize 14px style straight x equals fraction numerator 1 plus square root of 65 over denominator 2 end fraction end style

Sehingga dapat dibuat garis bilangan seperti berikut

 

Karena tanda pertidaksamaannya adalah >  , maka pilih daerah yang bernilai positif, yaitu begin mathsize 14px style space straight x less than fraction numerator 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction end style ataubegin mathsize 14px style space straight x greater than fraction numerator 1 plus square root of 65 over denominator 2 end fraction end style .

Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu undefined dan ≤ -2  dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari penyelesaian kedua pertidaksamaan tersebut.

Perhatikan garis bilangan berikut

 

Sehingga didapat penyelesaian untuk kondisi ini adalah Error converting from MathML to accessible text.


Kondisi kedua

Selanjutnya kondisi yang kedua, yaitu begin mathsize 14px style left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis greater than 10 end style dan = -2 .

Perhatikan bahwa untuk = -2  , maka :

begin mathsize 14px style left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis equals left parenthesis negative 2 plus 2 right parenthesis plus left parenthesis left parenthesis negative 2 right parenthesis squared minus 4 right parenthesis equals 0 plus left parenthesis 4 minus 4 right parenthesis equals 0 plus 0 equals 0 end style 

Karena 0 < 10, maka = 2  tidak memenuhi undefined .

Sehingga tidak ada penyelesaian untuk kondisi ini.


Kondisi ketiga

Kemudian perhatikan kondisi yang ketiga, yaitu begin mathsize 14px style left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis negative straight x squared plus 4 right parenthesis greater than 10 end style dan -2 < < 2 . Didapat bahwa :

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis negative straight x squared plus 4 right parenthesis end cell greater than 10 row cell negative straight x squared plus straight x plus 6 end cell greater than 10 row cell negative straight x squared plus straight x plus 6 minus 10 end cell greater than 0 row cell negative straight x squared plus straight x minus 4 end cell greater than 0 end table end style 

Jika diperhatikan, bentuk kuadrat begin mathsize 14px style negative straight x squared plus straight x minus 4 end style merupakan bentuk kuadrat yang definit negatif karena memiliki koefisien x2  yang bernilai negatif dan nilai diskiriminannya akan bernilai negatif. Sehinggabegin mathsize 14px style negative straight x squared plus straight x minus 4 less than 0 end style selalu terpenuhi untuk setiap ∈ R .

Akibatnya pertidaksamaan -x2+x-4>0  tidak memiliki penyelesaian.

 

Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu undefined dan  -2 < < 2  dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari kedua pertidaksamaan tersebut.

Namun, penyelesaian dari Error converting from MathML to accessible text. merupakan himpunan kosong. Sehingga jika diiris dengan -2 < < 2  juga akan menghasilkan himpunan kosong.

Sehingga tidak ada penyelesaian untuk kondisi ini.


Kondisi keempat

Selanjutnya perhatikan kondisi yang pertama, yaitu undefined dan ≥ 2  . Didapat bahwa :

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell left parenthesis straight x plus 2 right parenthesis plus left parenthesis straight x squared minus 4 right parenthesis end cell greater than 10 row cell straight x squared plus straight x minus 2 end cell greater than 10 row cell straight x squared plus straight x minus 2 minus 10 end cell greater than 0 row cell straight x squared plus straight x minus 12 end cell greater than 0 row cell left parenthesis straight x plus 4 right parenthesis left parenthesis straight x minus 3 right parenthesis end cell greater than 0 end table end style 

Didapat pembuat nol yaitu = -4  atau = 3 .

Sehingga dapat dibuat garis bilangan seperti berikut 

 

Karena tanda pertidaksamaannya adalah > , maka pilih daerah yang bernilai positif, yaitu < -4 atau > 3 .

Perhatikan bahwa kondisi ini, yaitu undefined dan ≥ 2  dihubungkan oleh kata hubung dan. Sehingga penyelesaian dari kondisi ini merupakan irisan dari penyelesaian kedua pertidaksamaan tersebut.

Perhatikan garis bilangan berikut

 

Sehingga didapat penyelesaian untuk kondisi ini adalah > 3.

 

Penyelesaian akhir

Dari kondisi pertama, didapat penyelesaian begin mathsize 14px style straight x less than fraction numerator 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction end style .

Dari kondisi kedua, tidak didapat penyelesaian.

Dari kondisi ketiga, tidak didapat penyelesaian.

Dari kondisi keempat, didapat penyelesaian > 3 .

Penyelesaian dari pertidaksamaan ini adalah gabungan penyelesaian dari kondisi-kondisi di atas. Sehingga didapatkan gabungannya yaitu undefined atau > 3 .

Maka himpunan penyelesaian dari pertidaksamaanundefined adalah

begin mathsize 14px style open curly brackets straight x │ straight x less than fraction numerator 1 minus square root of 65 over denominator 2 end fraction space atau space straight x greater than 3 comma space straight x element of straight R. close curly brackets end style 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

62

Iklan

Pertanyaan serupa

Himpunan penyelesaian dari ∣ x − 1∣ + ∣ x 2 − 1∣ &gt; 6 adalah ...

26

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia