Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam pembuatan tempe, kacang kedelai direndam dalam air mengalir ± 8 jam tujuannya agar....

Dalam pembuatan tempe, kacang kedelai direndam dalam air mengalir 8 jam tujuannya agar.... 

  1. kulitnya mudah lepas 

  2. agar tempe lebih gurih 

  3. agar bumbu tempe meresap 

  4. mudah dibersihkan

Iklan

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tempe merupakan makanan dengan nilai kandungan gizi yang tinggi karena mengandung asam lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan. Proses fermentasi pada tempe meningkatkan derajat ketidakjenuhan terhadap lemak. Asam lemak tidak jenuh ini mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolestrol serum, sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol di dalam tubuh. Proses pembuatan tempe adalah sebagai berikut : Pertama, kedelai dicuci dengan air mengalir hingga bersih, kemudian rendam kedelai selama 8 jam agar kulit kedelai mudah lepas. Setelah selesai direndam, lalu cuci kembali rendaman kedelai sampai bersih. Selanjutnya, rebus rendaman kedelai yang telah dicuci bersih selama 30 – 45 menit, setelah itu rendam selama satu malam. Langkah berikutnya, kupas kulit ari kedelai yang telah direndam semalam dengan menggunakan tangan atau memanfaatkan mesin, setelah itu cuci hingga bersih. Kukus selama 20 menit, kemudian angkat dan dinginkan sejenak lalu taburi ragi temped an aduk hingga rata. Setelah itu, bungkus kedelai dengan menggunakan daun pisang maupun plastik, sesuai yang diinginkan. Proses fermentasi pun akan membutuhkan waktu 2 hari dengan suhu ruangan normal. Jika kacang kedelai sudah tertutup oleh jamur secara merata, maka tempe sudah matang dan siap diolah menjadiberbagai hidangan. Jadi kacang kedelai direndam dalam air mengalir + 8 jam dalam pembuatan tempe tujuannya agar kulit kedelai mudah lepas (A)

Tempe merupakan makanan dengan nilai kandungan gizi yang tinggi karena mengandung asam lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan. Proses fermentasi pada tempe meningkatkan derajat ketidakjenuhan terhadap lemak. Asam lemak tidak jenuh ini mempunyai efek penurunan terhadap kandungan kolestrol serum, sehingga dapat menetralkan efek negatif sterol di dalam tubuh. Proses pembuatan tempe adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, kedelai dicuci dengan air mengalir hingga bersih, kemudian rendam kedelai selama 8 jam agar kulit kedelai mudah lepas.
  2. Setelah selesai direndam, lalu cuci kembali rendaman kedelai sampai bersih.
  3. Selanjutnya, rebus rendaman kedelai yang telah dicuci bersih selama 30 – 45 menit, setelah itu rendam selama satu malam.
  4. Langkah berikutnya, kupas kulit ari kedelai yang telah direndam semalam dengan menggunakan tangan atau memanfaatkan mesin, setelah itu cuci hingga bersih.
  5. Kukus selama 20 menit, kemudian angkat dan dinginkan sejenak lalu taburi ragi temped an aduk hingga rata.
  6. Setelah itu, bungkus kedelai dengan menggunakan daun pisang maupun plastik, sesuai yang diinginkan.
  7. Proses fermentasi pun akan membutuhkan waktu 2 hari dengan suhu ruangan normal. Jika kacang kedelai sudah tertutup oleh jamur secara merata, maka tempe sudah matang dan siap diolah menjadiberbagai hidangan.

Jadi kacang kedelai direndam dalam air mengalir + 8 jam dalam pembuatan tempe tujuannya agar kulit kedelai mudah lepas (A)
 

Latihan Bab

Prinsip Dasar Bioteknologi

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah benar kedelai dibuat menjadi tempe memanfaatkan jamur aspergillus dan saccharomyces ?

196

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia