Roboguru

Bentuk hibrida dari beberapa senyawa: Dari data tersebut yang merupakan pasangan yang tepat adalah ...

Pertanyaan

Bentuk hibrida dari beberapa senyawa:

Dari data tersebut yang merupakan pasangan yang tepat adalah ...

  1. 1space

  2. 2space

  3. space

  4. 4space

  5. 5space

Pembahasan Soal:

Geometri (bentuk) molekul berkaitan dengan susunan ruang atom-atom dalam molekul. Geometri molekul dapat ditentukan melalui percobaan dan dapat pula diramalkan geometrinya berdasarkan teori tolak-menolak elektron-elektron pada kulit luar atom pusatnya, yaitu teori domain elektron, dan berdasarkan teori hibridisasi.

Hibridisasi adalah peleburan orbital-orbital dari tingkat energi yang berbeda menjadi orbital-orbital yang energinya setingkat. Jumlah orbital hibrida (hasil hibridisasi) sama dengan jumlah orbital yang terlibat pada hibridisasi itu, sedangkan jumlah orbital yang mengalami hibridisasi sama dengan jumlah domain elektron dalam molekul.

  1. CH4 
    6C:[He]2s22p26C:↑↓2s22p2Eksitasi:6C:2s12p3Hibridisasi:sp3 
     
  2. HCl 

    17Cl:[Ne]3s23p517Cl:↑↓↑↓↑↓3s23p5Hibridisasi:sp  
      
  3.  H2O 

    8O:[He]2s22p48O:↑↓↑↓2s22p4Hibridisasi:sp2   
     
  4. NH3 

    7N:[He]2s22p37N:↑↓2s22p3Hibridisasi:sp3    
     
  5. Ag(NH3)2 

    Ag presubscript 47 colon space open square brackets Kr close square brackets space space 5 italic s to the power of 1 space space 4 italic d to the power of 10  Ag presubscript 47 colon space box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose space space space box enclose upwards arrow space space end enclose space space space box enclose space space space space end enclose box enclose space space space space end enclose box enclose space space space space end enclose space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space 4 italic d to the power of 10 space space space space space space space space space space space space space space space stack italic space italic 5 italic s to the power of italic 1 italic space italic space italic space italic space italic space italic space italic space italic space italic 5 italic p to the power of italic 0 with italic underbrace below Hibridisasi colon space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space italic s italic p squared 


​​​​​​​Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Agnia

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangan yang tidak mungkin terjadi antara bentuk hibridisasi dan bentuk molekul suatu senyawa adalah :

Pembahasan Soal:

Ralat agar ada satu jawaban yang tepat:  E kemungkinan adalah sp3 - trigonal piramid (bukan bipiramid).space 

Jika dihubungkan antara teori hibridisasi dengan teori VSEPR maka pada ada hibridisasi yang mewakili lebih dari satu bentuk molekul pada teori VSEPR. Hubungan hibridisasi dengan bentuk molekul pada VSEPR pada hibridisasi sp dan sp3 yaitu:space 

  • sp - linierspace 
  • sp3 - tetrahedral, trigonal piramid, bengkokspace 

Sehingga yang tidak mungkin terjadi antara bentuk hibridisasi dan bentuk molekul suatu senyawa adalah sp3 - linier. space


Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Dua senyawa yang salah satu unsurnya dari halogen (fluorin), yaitu SF4​ dan BrF5​. Nomor atom S= 16, Br= 35, F= 9. c. Sebutkan hibridisasinya.

Pembahasan Soal:

Proses hibridisasi merupakan proses pencampuran orbital-orbital atom dalam atom pusat yang menyebabkan perubahan tingkat energi. Atom pusat dapat ditentukan berdasarkan atom yang memiliki keelektronegatifan terkecil, atau jika terdapat 1 atom dalam suatu molekul maka atom tersebut menjadi atom pusat. Pada SF4, atom pusatnya adalah S dan pada BrF5 atom pusatnya adalah Br.

Keadaaan dasar SF4:



Pada keadaan dasar, elektron dari atom S yang tidak berpasangan dan dapat berikatan dengan atom lain hanyalah 2 elektron pada orbital 3p, sedangkan dibutuhkan 4 elektron tidak berpasangan untuk berikatan dengan F.

Keadaan tereksitasi SF4:



Pada keadaan tereksitasi, satu elektron pada orbital 3p berpindah hingga menyebabkan terdapatnya 4 elektron tidak berpasangan (dapat berikatan dengan atom lain) pada orbital sp3d.

Keadaaan dasar BrF5:



Pada keadaan dasar, elektron dari atom Br yang tidak berpasangan dan dapat berikatan dengan atom lain hanyalah 1 elektron pada orbital 4p, sedangkan dibutuhkan 5 elektron tidak berpasangan untuk berikatan dengan F.

Keadaan tereksitasi BrF5:



Pada keadaan tereksitasi, dua elektron pada orbital 4p berpindah hingga menyebabkan terdapatnya 5 elektron tidak berpasangan (dapat berikatan dengan atom lain) pada orbital sp3d2.

Jadi, tipe hibridisasi senyawa SF4 adalah sp3dan tipe hibridisasi BrF5 adalah sp3d2.

0

Roboguru

Bentuk hibrida dari beberapa senyawa :   Dari data tersebut yang merupakan pasangan yang tepat adalah….

Pembahasan Soal:

Teori Hibridisasi adalah sebuah konsep bersatunya orbital-orbital atom membentuk orbital hibrid yang baru sesuai dengan penjelasan kualitatif sifat asam.

  •  Konfigurasi elektron

1H17Cl==1s11s22s22p63s23p5

  • Orbital elektron valensi 

Konfigurasi elektron atom Cl pada keadaan dasar dapat diketahui bahwa 3pz masih kekurangan 1 elektron, begitu pula dengan H masih kekurangan 1 elektron yang terletak di 1s. Oleh karena itu, dalam pembentukan HCl. 1 elektron yang terletak pada 3pz akan berpasangan dengan 1 elektron pada orbital 1s dari atom hidrogen. Sehingga bentuk hibdridanya adalah sp.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Tentukan tipe hibridisasi atom pusat pada molekul berikut: d. XeF2​

Pembahasan Soal:

Proses hibridisasi merupakan proses pencampuran orbital-orbital atom dalam atom pusat yang menyebabkan perubahan tingkat energi. Atom pusat dapat ditentukan berdasarkan atom yang memiliki keelektronegatifan terkecil, atau jika terdapat 1 atom dalam suatu molekul maka atom tersebut menjadi atom pusat. Pada XeF2, atom pusatnya adalah Xe. Proses hibridisasi XeF2 terdapat pada atom pusatnya, sehingga untuk mengetahui hibridisasinya, perlu untuk menentukan orbital elektron pada atom Xe.

Keadaaan dasar:



Pada keadaan dasar, elektron dari atom Xe semuanya berpasangan dan tidak dapat berikatan dengan atom lain.

Keadaan tereksitasi



Pada keadaan tereksitasi, satu elektron pada orbital 5p (terluar) berpindah hingga menyebabkan terdapatnya 2 elektron tidak berpasangan (dapat berikatan dengan F) pada orbital sp3d.


Jadi, tipe hibridisasi atom pusat F pada senyawa XeF2 adalah sp3d.

0

Roboguru

Bentuk hibridisasi XeF2 adalah....

Pembahasan Soal:

Hibridisasi merupakan proses bergabungnya orbital atom pusat dengan orbital atom lainnya sehingga terbentuk orbital hibrida.  

Cara menentukan hibridisasi XeF2

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Menggambarkan diagram elektron valensi atom pusat pada keadaan dasar.
  • Menggambarkan kembali diagram orbital namun dalam keadaan tereksitasi sehingga bisa berpasangan dengan elektron dari atom lainnya.
  • Menentukan orbital hibrida (orbital baru) dengan melihat orbital-orbital yang terlibat.

Gambar orbital di atas menunjukkan bahwa orbital yang terlibat adalah orbital s, p dan d, sehingga jenis hibridisasinya adalah hibridisasi sp3d.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved