Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan proses ketengikan dan bagaimana cara mencegahnya?

Apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan proses ketengikan dan bagaimana cara mencegahnya?space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor yang mempengaruhi kecepatanproses ketengikan yaitucahaya, panas, suasana asam, peroksida lemak atau hidroperoksida, logam-logam berat, logam pofirin, dan enzim-enzim lipoksidase, sedangkan cara mencegah ketengikan adalah dengan mengasingkan oksigen dan menambahkan zat antioksidan. Faktor-faktor yang dapat mempercepat proses ketengikan minyak diantaranyaseperti cahaya, panas, suasana asam, peroksida lemak atau hidroperoksida, logam-logam berat seperti Cu, Fe, Co dan Mn, logam pofirin seperti hematin, hemoglobin, mioklobin, klorofil, dan enzim-enzim lipoksidase. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah ketengikan dengan cara mengasingkan oksigen atau menambah zat antioksidan. Radikal-radikal bebas dihasilkan selama pembentukan peroksida, dan ini sanggup merusak jaringan-jaringan hidup kecuali terdapat antioksidan, contohnya tokoferol (vitamin E) yang bereaksi radikal-radikal bebas.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan proses ketengikan yaitu cahaya, panas, suasana asam, peroksida lemak atau hidroperoksida, logam-logam berat, logam pofirin, dan enzim-enzim lipoksidase, sedangkan cara mencegah ketengikan adalah dengan mengasingkan oksigen dan menambahkan zat antioksidan.

Faktor-faktor yang dapat mempercepat proses ketengikan minyak diantaranya seperti cahaya, panas, suasana asam, peroksida lemak atau hidroperoksida, logam-logam berat seperti Cu, Fe, Co dan Mn, logam pofirin seperti hematin, hemoglobin, mioklobin, klorofil, dan enzim-enzim lipoksidase.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah ketengikan dengan cara mengasingkan oksigen atau menambah zat antioksidan. Radikal-radikal bebas dihasilkan selama pembentukan peroksida, dan ini sanggup merusak jaringan-jaringan hidup kecuali terdapat antioksidan, contohnya tokoferol (vitamin E) yang bereaksi radikal-radikal bebas.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa lemak tidak jenuh lebih cepat teroksidasi (menghasilkan bau tengik) daripada lemak jenuh?

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia