Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa itu tauco ?

Apa itu tauco ?  

  1. . . .  

  2. . . .  

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Tauco adalah produk kedelai berbentuk pasta yang berwarna kekuning-kuningan, rasanya agak asin, yang dibuat dengan cara fermentasi .Pada tauco, proses fermentasi dilakukan oleh jamur Aspergilus oryzae dan Rhizopus olygosporus, atau Rhizopus oryzae . Tauco dibuat dengan cara fermentasi yang menggunakan kedelai sebagai subrat ditambah garam, gula aren, dan rempah-rempah sebagai aroma dan penyedapnya. Proses pembuatan tauco dilakukan dengan cara fermentasi dan melibatkan 2 proses fermentasi , yaitu fermentasi kapang (fermentasi pertama) dan fermentasi garam (fermentasi kedua) . Fermentasi kapang dilakukan selama 3-6 hari dengan bantuan Aspergillus oryzae atau Aspergillus soyae . Selama fermentasi kapang, dihasilkan enzim-enzim protease, amilase dan lipase yang masing-masing akan berperan dalam menguraikan protein, karbohidrat, dan lipid dalam biji kedelai. Proses proteolisis akan menghasilkan peptida, pepton, dan asam amino bebas. Lipid akan dihidrolisis menjadi asam-asam lemak. Selain itu, diproduksi juga asam laktat, suksinat dan fosfat. Semua komponen tersebut sangat berperan dalam pembentukan cita rasa khas tauco. Fermentasi kedua, yaitu fermentasi garam dilakukan oleh bakteri dan khamir yang bersifat tahan garam . Fermentasi selama 21-30 hari dalam larutan garam 20% (200 gram garam dalam 1 liter air) pada suhu merupakan kondisi optimum untuk menghasilkan tauco terbaik.

Tauco adalah produk kedelai berbentuk pasta yang berwarna kekuning-kuningan, rasanya agak asin, yang dibuat dengan cara fermentasi. Pada tauco, proses fermentasi dilakukan oleh jamur Aspergilus oryzae dan Rhizopus olygosporus, atau Rhizopus oryzae. Tauco dibuat dengan cara fermentasi yang menggunakan kedelai sebagai subrat ditambah garam, gula aren, dan rempah-rempah sebagai aroma dan penyedapnya. 

Proses pembuatan tauco dilakukan dengan cara fermentasi dan melibatkan 2 proses fermentasi, yaitu fermentasi kapang (fermentasi pertama) dan fermentasi garam (fermentasi kedua).  

  • Fermentasi kapang dilakukan selama 3-6 hari dengan bantuan Aspergillus oryzae atau Aspergillus soyae. Selama fermentasi kapang, dihasilkan enzim-enzim protease, amilase dan lipase yang masing-masing akan berperan dalam menguraikan protein, karbohidrat, dan lipid dalam biji kedelai. Proses proteolisis akan menghasilkan peptida, pepton, dan asam amino bebas. Lipid akan dihidrolisis menjadi asam-asam lemak. Selain itu, diproduksi juga asam laktat, suksinat dan fosfat. Semua komponen tersebut sangat berperan dalam pembentukan cita rasa khas tauco.  
  • Fermentasi kedua, yaitu fermentasi garam dilakukan oleh bakteri dan khamir yang bersifat tahan garam. Fermentasi selama 21-30 hari dalam larutan garam 20% (200 gram garam dalam 1 liter air) pada suhu begin mathsize 12px style 37 minus 42 to the power of straight o straight C end style merupakan kondisi optimum untuk menghasilkan tauco terbaik.  

Latihan Bab

Prinsip Dasar Bioteknologi

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

478

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar produk bioteknologi berikut! Pasangan antara bahan dan mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan produk bioteknologi tersebut adalah ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia