Iklan

Iklan

Pertanyaan

Uraikanlah masalah-masalah yang sering muncul di kehidupan masyarakat perkotaan?

Uraikanlah masalah-masalah yang sering muncul di kehidupan masyarakat perkotaan?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait masalah-masalah yang sering muncul di masyarakat perkotaan. Perkembangan pola kebutuhan manusia memicu tingginya tingkat urbanisasi dari desa ke kota. Namun, hal ini memicu berbagai macam masalah, terutama masalah sosial yang timbul di perkotaan seperti berikut ini: Kemiskinan , merupakan masalah sosial yang paling mudah dijumpai di masyarakat perkotaan. Penyebab dari masalah ini karena laju urbanisasi yang tinggi, tingkat pendidikan yang rendah dari kaum urban dan tidak memiliki keterampilan, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang cukup. Penggangguran , di masa dewasa ini hal mendasar yang menjadi penyebab tingginya pengangguran di kota adalah kurangnya kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para pencari kerja. Dimana sebagian besar pengangguran ini adalah masyarakat kalangan bawah. Kriminalitas , tingginya tingkat kriminalitas di kota adalah karena keinginan untuk mendominasi dan tekanan-tekanan yang muncul dari tujuan budaya masyarakat itu sendiri, yaitu menjadi kaya dari aspek ekonomi. Kemacetan . Dalam kehidupan perkotaan, kemacetan adalah hal yang tidak asing bagi masyarakatnya. Faktor penyebabnya adalah laju pertumbuhan jumlah kendaraan yang sangat banyak dan tidak sepadan dengan pertumbuhan jalan menjadi satu permasalahan kemacetan lalu lintas yang tidak bisa dihindarkan.

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait masalah-masalah yang sering muncul di masyarakat perkotaan. Perkembangan pola kebutuhan manusia memicu tingginya tingkat urbanisasi dari desa ke kota. Namun, hal ini memicu berbagai macam masalah, terutama masalah sosial yang timbul di perkotaan seperti berikut ini:

  1. Kemiskinan, merupakan masalah sosial yang paling mudah dijumpai di masyarakat perkotaan. Penyebab dari masalah ini karena laju urbanisasi yang tinggi, tingkat pendidikan yang rendah dari kaum urban dan tidak memiliki keterampilan, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang cukup.
  2. Penggangguran, di masa dewasa ini hal mendasar yang menjadi penyebab tingginya pengangguran di kota adalah kurangnya kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para pencari kerja. Dimana sebagian besar pengangguran ini adalah masyarakat kalangan bawah.
  3. Kriminalitas, tingginya tingkat kriminalitas di kota adalah karena keinginan untuk mendominasi dan tekanan-tekanan yang muncul dari tujuan budaya masyarakat itu sendiri, yaitu menjadi kaya dari aspek ekonomi.
  4. Kemacetan. Dalam kehidupan perkotaan, kemacetan adalah hal yang tidak asing bagi masyarakatnya. Faktor penyebabnya adalah laju pertumbuhan jumlah kendaraan yang sangat banyak dan tidak sepadan dengan pertumbuhan jalan menjadi satu permasalahan kemacetan lalu lintas yang tidak bisa dihindarkan.

344

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Indonesia!

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia