Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri ciri masyarakat kota yang cenderung bersifat negatif, yaitu...

Ciri ciri masyarakat kota yang cenderung bersifat negatif, yaitu... 

  1. orientasi diriundefined 

  2. prestasiundefined 

  3. universalismeundefined 

  4. spesifitasundefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawabannya adalah A orientasi diri

jawabannya adalah orientasi diriundefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut ciri-ciri dari masyarakat perkotaan, yaitu: Netral Afektif : Masyarakat Kota memperlihatkan sifat yang lebih mementingkat Rasionalitas dan sifat rasional ini erat hubungannya dengan konsep Gesellschaft atau Association. Mereka tidak mau mencampuradukan hal-hal yang bersifat emosional atau yang menyangkut perasaan pada umumnya dengan hal-hal yang bersifat rasional, itulah sebabnya tipe masyarakat itu disebut netral dalam perasaannya. Orientasi Diri: Manusia dengan kekuatannya sendiri harus dapat mempertahankan dirinya sendiri, pada umumnya dikota tetangga itu bukan orang yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan kita oleh karena itu setiap orang dikota terbiasa hidup tanpa menggantungkan diri pada orang lain, mereka cenderung untuk individualistik. Universalisme: Berhubungan dengan semua hal yang berlaku umum, oleh karena itu pemikiran rasional merupakan dasar yang sangat penting untuk Universalisme. Prestasi: Mutu atau prestasi seseorang akan dapat menyebabkan orang itu diterima berdasarkan kepandaian atau keahlian yang dimilikinya. Heterogenitas : Masyarakat kota lebih memperlihatkan sifat Heterogen, artinya terdiri dari lebih banyak komponen dalam susunan penduduknya. Dari penjelasan tersebut, ciri-ciri masyarakat perkotaan yang cenderung bersifat negatif adalah orientasi diri. Masyarakat yang biasanya hidup berdampingan dengan orang lain dan saling membutuhkan berubah menjadi manusia yang individualistik. Sikap individualistik menghasilkan seseorang tidak peduli dengan masyarakat sekitar dan hanya berfokus pada tujuannya saja. Jadi, jawabannya adalah A orientasi diri

Berikut ciri-ciri dari masyarakat perkotaan, yaitu:

  1. Netral Afektif: Masyarakat Kota memperlihatkan sifat yang lebih mementingkat Rasionalitas dan sifat rasional ini erat hubungannya dengan konsep Gesellschaft atau Association. Mereka tidak mau mencampuradukan hal-hal yang bersifat emosional atau yang menyangkut perasaan pada umumnya dengan hal-hal yang bersifat rasional, itulah sebabnya tipe masyarakat itu disebut netral dalam perasaannya.
  2. Orientasi Diri: Manusia dengan kekuatannya sendiri harus dapat mempertahankan dirinya sendiri, pada umumnya dikota tetangga itu bukan orang yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan kita oleh karena itu setiap orang dikota terbiasa hidup tanpa menggantungkan diri pada orang lain, mereka cenderung untuk individualistik.
  3. Universalisme: Berhubungan dengan semua hal yang berlaku umum, oleh karena itu pemikiran rasional merupakan dasar yang sangat penting untuk Universalisme.
  4. Prestasi: Mutu atau prestasi seseorang akan dapat menyebabkan orang itu diterima  berdasarkan kepandaian atau keahlian yang dimilikinya.
  5. Heterogenitas: Masyarakat kota lebih memperlihatkan sifat Heterogen, artinya terdiri dari lebih banyak komponen dalam susunan penduduknya. 

Dari penjelasan tersebut, ciri-ciri masyarakat perkotaan yang cenderung bersifat negatif adalah orientasi diri. Masyarakat yang biasanya hidup berdampingan dengan orang lain dan saling membutuhkan berubah menjadi manusia yang individualistik. Sikap individualistik menghasilkan seseorang tidak peduli dengan masyarakat sekitar dan hanya berfokus pada tujuannya saja. 

Jadi, jawabannya adalah orientasi diriundefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Permasalahan gender pada masyarakat Indonesia, berupa isu-isu umum yang berkaitan dengan gender, seperti berikut kecuali..

409

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia