Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Indonesia!

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Indonesia!space space 

Iklan

I. Sari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalah faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Indonesia. Definisi pengangguran secara teknis adalah semua orang dalam referensi waktu tertentu, yaitu pada usia angkatan kerja yang tidak bekerja, baik dalam arti mendapatkan upah atau bekerja mandiri, kemudian mencari pekerjaan, dalam arti mempunyai kegiatan aktif dalam mencari kerja tersebut. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan pengangguran ialah: Adanya kemajuan teknologi, di eraa globalisasi mendukung perusahaan untuk menggunakan mesin dalam rangka peningkatan efektivitas kerja. Pihak perusahaan memiliki pandangan bahwa kerja teknologi akan mempercepat dan membuat pekerjaan lebih efektif. Sehingga banyak karyawan dirumahkan karena pergantian ke teknologi. Kurangnya pendidikan, kurangnya pendidikan menjadi faktor penyebab pengangguran. Pekerja yang mendapat minim pendidikan akan kalah saing dengan para calon pekerja yang memiliki pendidikan lebih tinggi. Maka dari itu, kurangnya pendidikan dapat menghambat seseorang dalam mencari kerja. Kurangnya keterampilan para pencari kerja , setiap perusahaan sudah tentu memiliki kriteria dalam menerima karyawan, namun tentu saja akan ada persaingan dalam hal ini. Semakin tinggi keterampilan seseorang dalam suatu posisi maka akan semakin mudah pula dia diterima. PHK , biasanyaperusahaan melakukan PHK untuk menstabilkan sistem kerja atau menstabilkan perekonomian perusahaan yang sedang goyah. Pemutusan Hubungan Kerja bisa dibilang suatu hal yang paling ditakuti karyawan, karena jika kontrak kerja habis atau adanya pengurangan karyawan yaitu PHK, karyawan swasta yang asalnya bekerja di perusahaan tersebut akan kebingungan mencari pekerjaan di tempat lain.

Poin yang ditanyakan adalah faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di Indonesia.

Definisi pengangguran secara teknis adalah semua orang dalam referensi waktu tertentu, yaitu pada usia angkatan kerja yang tidak bekerja, baik dalam arti mendapatkan upah atau bekerja mandiri, kemudian mencari pekerjaan, dalam arti mempunyai kegiatan aktif dalam mencari kerja tersebut. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan pengangguran ialah:

  1. Adanya kemajuan teknologi, di eraa globalisasi mendukung perusahaan untuk menggunakan mesin dalam rangka peningkatan efektivitas kerja. Pihak perusahaan memiliki pandangan bahwa kerja teknologi akan mempercepat dan membuat pekerjaan lebih efektif. Sehingga banyak karyawan dirumahkan karena pergantian ke teknologi.
  2. Kurangnya pendidikan, kurangnya pendidikan menjadi faktor penyebab pengangguran. Pekerja yang mendapat minim pendidikan akan kalah saing dengan para calon pekerja yang memiliki pendidikan lebih tinggi. Maka dari itu, kurangnya pendidikan dapat menghambat seseorang dalam mencari kerja.
  3. Kurangnya keterampilan para pencari kerja, setiap perusahaan sudah tentu memiliki kriteria dalam menerima karyawan, namun tentu saja akan ada persaingan dalam hal ini. Semakin tinggi keterampilan seseorang dalam suatu posisi maka akan semakin mudah pula dia diterima.
  4. PHK, biasanya perusahaan melakukan PHK untuk menstabilkan sistem kerja atau menstabilkan perekonomian perusahaan yang sedang goyah.  Pemutusan Hubungan Kerja bisa dibilang suatu hal yang paling ditakuti karyawan, karena jika kontrak kerja habis atau adanya pengurangan karyawan yaitu PHK, karyawan swasta yang asalnya bekerja di perusahaan tersebut akan kebingungan mencari pekerjaan di tempat lain.space space 

Latihan Bab

Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Teori-teori tentang Masalah Sosial

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Uraikanlah masalah-masalah yang sering muncul di kehidupan masyarakat perkotaan?

503

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia