Roboguru

Ketidakadilan sosial dapat berbentuk marginalisasi, contohnya adalah....

Pertanyaan

Ketidakadilan sosial dapat berbentuk marginalisasi, contohnya adalah....space space 

  1. pemberian sifat tertentu secara subjektifspace space 

  2. penilaian negatif terhadap kelompok tertentuspace space 

  3. pembedaan perlakuan terhadap kelompok tertentuspace space 

  4. dominasi kekuasaan secara sewenang-wenangspace space 

  5. proses pemusatan hubungan kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utamaspace space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan adanya permasalahan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat. 

Permasalahan sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Artinya masalah-masalah sosial itu adalah sebagai hal yang tidak di harapkan oleh masyarakat yang ada di kehidupan sosial, biasanya masalah sosial berkaitan dalam bidang-bidang kehidupan sosial, seperti ekonomi, politik dan bidang-bidang kehidupan sosial lainnya. 

Dalam permasalahan sosial yang di hadapi oleh masyarakat, biasanya tidak jauh dari ketidakadilan yang di terima atau kondisi timpang antar kelompok masyarakat. Dan adanya sikap tidak adil dalam kehidupan masyarakat biasanya di sebut sebagai marginalisasi. 

Pada marginalisasi memiliki kata dasar marginal yang artinya terpinggirkan. Marginalisasi merupakan pembatasan peran terhadap kelompok atau pihak tertentu, bisa juga disebut sebagai pembedaan perlakuan terhadap kelompok tertentu. Bentuk dari pembatasan-pembatasan dalam marginalisasi ini itu seperti upaya meminggirkan dan mengasingkan kelompok-kelompok minoritas dalam kehidupan masyarakat. Sehingga kelompok marginal akan tunduk pada kelompok dominan. Pada umumnya, kelompok marginal ditolak keterlibatannya dalam kegiatan ekonomi, politik, budaya, sosial dan agama. Artinya dalam hal ini bahwa masyarakat yang termarginalisasi kurang mampu menikmati kehidupan yang produktif, sehat maupun kreatif. 

Contoh dari marginalisasi kelompok ini seperti, Adanya marginalisasi terhadap gender yang mana perempuan dibatasi dalam mendapatkan kesempatan di bidang-bidang kehidupan, yang dianggap perempuan hanya berkerja sebagai ibu rumah tangga untuk mengurus suami dan anak. 

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketidakadilan sosial dapat berbentuk marginalisasi, contohnya adalah....

Pembahasan Soal:

Marginalisasi memiliki kata dasar marginal yang artinya terpinggirkan. Marginalisasi merupakan pembatasan peran terhadap kelompok atau pihak tertentu, bisa juga disebut sebagai pembedaan perlakuan terhadap kelompok tertentu. Marginalisasi merupakan sebuah tindakan mengasingkan, meminggirkan atau melemahkan kuasa kelompok minoritas atas segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan negara dan kelompok dominan. Sehingga kelompok marginal akan tunduk pada kelompok dominan. Pada umumnya, kelompok marginal ditolak keterlibatannya dalam kegiatan ekonomi, politik, budaya, sosial dan agama. Artinya dalam hal ini bahwa masyarakat yang termarginalisasi kurang mampu menikmati kehidupan yang produktif, sehat maupun kreatif. 

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Kasus pedagang kaki lima yang rentan mengalami penggusuran akibat perlindungan hukum yang minim dan ketersediaan tempat yang layak merupakan bentuk ketidakadilan, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Marginalisasi dapat diartikan sebagai proses pemiskinan dan menjadi satu bentuk ketidakadilan sosial dalam kehidupan masyarakat. Kasus penggusuran pedagang kaki lima menyebabkan mereka harus berpindah tempat berjualan yang belum sesuai dengan dagangan mereka. Mereka juga harus mencari kembali pelanggan/konsumen yang baru. Pada akhirnya, mereka akan semakin jauh dari kesejahteraan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  undefined 

0

Roboguru

Ciri ciri masyarakat kota yang cenderung bersifat negatif, yaitu...

Pembahasan Soal:

Berikut ciri-ciri dari masyarakat perkotaan, yaitu:

  1. Netral Afektif: Masyarakat Kota memperlihatkan sifat yang lebih mementingkat Rasionalitas dan sifat rasional ini erat hubungannya dengan konsep Gesellschaft atau Association. Mereka tidak mau mencampuradukan hal-hal yang bersifat emosional atau yang menyangkut perasaan pada umumnya dengan hal-hal yang bersifat rasional, itulah sebabnya tipe masyarakat itu disebut netral dalam perasaannya.
  2. Orientasi Diri: Manusia dengan kekuatannya sendiri harus dapat mempertahankan dirinya sendiri, pada umumnya dikota tetangga itu bukan orang yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan kita oleh karena itu setiap orang dikota terbiasa hidup tanpa menggantungkan diri pada orang lain, mereka cenderung untuk individualistik.
  3. Universalisme: Berhubungan dengan semua hal yang berlaku umum, oleh karena itu pemikiran rasional merupakan dasar yang sangat penting untuk Universalisme.
  4. Prestasi: Mutu atau prestasi seseorang akan dapat menyebabkan orang itu diterima  berdasarkan kepandaian atau keahlian yang dimilikinya.
  5. Heterogenitas: Masyarakat kota lebih memperlihatkan sifat Heterogen, artinya terdiri dari lebih banyak komponen dalam susunan penduduknya. 

Dari penjelasan tersebut, ciri-ciri masyarakat perkotaan yang cenderung bersifat negatif adalah orientasi diri. Masyarakat yang biasanya hidup berdampingan dengan orang lain dan saling membutuhkan berubah menjadi manusia yang individualistik. Sikap individualistik menghasilkan seseorang tidak peduli dengan masyarakat sekitar dan hanya berfokus pada tujuannya saja. 

Jadi, jawabannya adalah orientasi diriundefined 

0

Roboguru

Proses peminggiran kelompok-kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah terkait suatu masalah sosial yang sesuai dengan pernyataan.

Pernyataan pada soal adalah definisi dari marginalisasi. Marginalisasi merupakan salah satu masalah sosial dalam bentuk ketidakadilan. Kelompok - kelompok tertentu mendapat kesempatan yang tidak sama atau bahkan dilarang, misalnya dalam pendidikan. Dapat diambil contoh pada bangsa Indonesia ketika masa penjajahan Belanda. Rakyat Indonesia (golongan pribumi) yang mendapat kesempatan sekolah hanya anak para bangsawan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.space space

0

Roboguru

Eksistensi anjal (anak jalanan) terpaut dengan perlakuan dan kondisi dalam keluarga, kemiskinan, perceraian orang tua, minimnya perhatian dari lingkungan sosial, dan tendensi memprioritaskan pada uang...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah anak jalanan bentuk ekslusi sosial atau marginalisasi. 

Dari pembahasan soal ini sudah menunjukan adanya permasalahan sosial yang ada dilingkungan masyarakat. Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial ditandai sebagai fenomena sosial yang akan menjadi rumit jika dibiarkan berlarut-larut. Biasanya masalah sosial dipengaruhi adanya faktor-faktor : 

Fakor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya masalah sosial. Krisis global dan PHK dapat memicu tindak kriminal. Masalah tersebut didorong adanya ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, misalnya pengangguran, anak jalanan, dan lain-lain.

Faktor budaya, masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural.

Faktor biologis. masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, dan makanan beracun.

Faktor psikologi. Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada.

Pada soal esklusi sosial atau marginalisasi adalah adanya pembatasan atau adanya upaya peminggiran dari lembaga ke beberapa kelompok, yang menyebabkan kelompok tersebut terpinggirkan, dan tidak dipedulikan. Contoh dari hal tersebut adalah anak jalanan. 

Alasan anak jalanan menjadi salah satu contoh ekslusi sosial atau marginalisasi karena anak jalanan acap kali diusir, dan terusir di jalanan, anak jalanan acap kali dianggap menjadi titik permasalahan perkotaan, dan bahkan anak jalanan acap kali dianggap sebagai sampah masyarakat perkotaan. Yang harus diberantas dan dipinggirkan. Anak jalanan juga sebagai bentuk dari adanya kemiskinan yang ada di daerah perkotaan, Karena masyarakat miskin termasuk kaum yang tersisihkan dalam memperoleh kesempatan-kesempatan baik fasilitas secara umum ataupun hal lain. sehingga hal itu mengakibatkan masalah sosial masyarakat perkotaan yang meresahkan, , yang mana jika anak jalanan dibiarkan tanpa adanya rehabilitas atau pemberian skill, akan memicu terjadinya tindakan-tindakan kriminal di masyarakat

Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa permasalahan anak jalanan harus diatasi dengan cara yang berbeda, salah satu contohnya adalah dengan melakukan pemberdayaanundefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved