Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuiskan reaksi pengenalan karbohidrat!

Tuiskan reaksi pengenalankarbohidrat!

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

reaksi pengenalan karbohidrat adalah uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict, uji Seliwanoff, uji Barfoed dan uji Iodin.

reaksi pengenalan karbohidrat adalah uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict, ujiundefinedSeliwanoff, uji Barfoed dan uji Iodin.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Reaksi pengenalan karbohidrat diantaranya: Uji umum untuk karbohidrat adalah uji Molisch. Apabila larutan atau suspensi karbohidrat diberi beberapa tetes larutan alfa naftol dan asam sulfat pekat secukupnya, akan terbentuk dua lapisan cairan. Pada bidang batas kedua lapisan tersebut, akan terbentuk warna merah-ungu. Uji Fehling, digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa dll), uji positif ditandai dengan warna merah bata Uji Benedict, merupakan uji umum untuk karbohidrat yang memiliki gugus aldehid atau keton bebas, uji ini berdasarkan reduksi menjadi oleh gugus aldehida atau keton bebas dalam suasana alkalis, uji positif ditandai dengan terbentuknya larutan hijau, merah, orange/merah bata serta adanya endapan. Uji Seliwanoff adalaha uji spesifik dalam mengidentifikasi gula ketosaheksosa seperti fruktosa. Hasiluji positif jika pada larutan terbentuk kompleks yang bewarna merah. Uji Barfoed, digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dalam sampel, uji positif ditunjukkan dengan terbentuknya endapan merah orange Uji Iodin, menunjukkan adanya polisakarida, dimana pada amilum dengan iodin dapat membentuk kompleks biru, pada amilopektin dengan iodin akan memberi warna merah ungu sedangkan dengan glikogen dan dekstrin akan membentuk warna merah coklat. Jadi, reaksi pengenalan karbohidrat adalah uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict, uji Seliwanoff, uji Barfoed dan uji Iodin.

Reaksi pengenalan karbohidrat diantaranya:

  1. Uji umum untuk karbohidrat adalah uji Molisch. Apabila larutan atau suspensi karbohidrat diberi beberapa tetes larutan alfa naftol dan asam sulfat pekat secukupnya, akan terbentuk dua lapisan cairan. Pada bidang batas kedua lapisan tersebut, akan terbentuk warna merah-ungu.
  2. Uji Fehling, digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa dll), uji positif ditandai dengan warna merah bata
  3. Uji Benedict, merupakan uji umum untuk karbohidrat yang memiliki gugus aldehid atau keton bebas, uji ini berdasarkan reduksi Cu to the power of 2 plus sign menjadi Cu to the power of plus sign oleh gugus aldehida atau keton bebas dalam suasana alkalis, uji positif ditandai dengan terbentuknya larutan hijau, merah, orange/merah bata serta adanya endapan.
  4. Uji Seliwanoff adalaha uji spesifik dalam mengidentifikasi gula ketosaheksosa seperti fruktosa. Hasil uji positif jika pada larutan terbentuk kompleks yang bewarna merah. 
  5. Uji Barfoed, digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dalam sampel, uji positif ditunjukkan dengan terbentuknya endapan merah orange
  6. Uji Iodin, menunjukkan adanya polisakarida, dimana pada amilum dengan iodin dapat membentuk kompleks biru, pada amilopektin dengan iodin akan memberi warna merah ungu sedangkan dengan glikogen dan dekstrin akan membentuk warna merah coklat.

Jadi, reaksi pengenalan karbohidrat adalah uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict, ujiundefinedSeliwanoff, uji Barfoed dan uji Iodin.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Brian Serafino Donovan

Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️ Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Data berikut ini yang berhubungan dengan tepat adalah ...

53

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia