Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data hasil uji karbohidrat berikut. Pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor....

Perhatikan data hasil uji karbohidrat berikut.

Pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor....

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah no.2.

jawaban yang tepat adalah no.2.undefined

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Karbohidrat adalah sumber utama energi kita. Karbohidrat terdiri atas ikatan polihidroksi yang mengandung gugus aldehid dan keton. Ada banyak jenis karbohidrat di sekitar kita. Karbohidrat dapat diuji dengan beberapa cara, seperti uji benedict, uji mollisch, uji tollens, uji fehling, dan uji iodin. Uji benedict digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dan gula pereduksi. Uji benedict akan bereaksi dengan monosakarida dan gula pereduksi membentuk endapan berwarna merah bata. Uji Molisch, ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna ungu di bagian bawah tabung. Uji Molisch umumnya bisa digunakan untuk berbagai jenis monosakarida. Uji gula pereduksi ( karbohidrat kecuali sukrosa, amilum dan selulosa) dengan uji fehling menghasilkan endapan merah bata dan uji tollens menghasilkan cermin perak. Uji Iodin adalah reaksi kimia yang digunakan untuk menguji keberadaan pati atau iodium. Uji iodin pada amilum akan menghasilkan warna biru. Berdasarkan penjelasan diatas, pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor 2, karena sukrosa tidak dapat bereaksi dengan fehling sehingga tidak berubah warna. Jadi, jawaban yang tepat adalah no.2.

Karbohidrat adalah sumber utama energi kita. Karbohidrat terdiri atas ikatan polihidroksi yang mengandung gugus aldehid dan keton. Ada banyak jenis karbohidrat di sekitar kita. Karbohidrat dapat diuji dengan beberapa cara, seperti uji benedict, uji mollisch, uji tollens, uji fehling, dan uji iodin.

  1. Uji benedict digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dan gula pereduksi. Uji benedict akan bereaksi dengan monosakarida dan gula pereduksi membentuk endapan berwarna merah bata. 
  2. Uji Molisch, ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna ungu di bagian bawah tabung. Uji Molisch umumnya bisa digunakan untuk berbagai jenis monosakarida.
  3. Uji gula pereduksi ( karbohidrat kecuali sukrosa, amilum dan selulosa) dengan uji fehling menghasilkan endapan merah bata dan uji tollens menghasilkan cermin perak.
  4. Uji Iodin adalah reaksi kimia yang digunakan untuk menguji keberadaan pati atau iodium. Uji iodin pada amilum akan menghasilkan warna biru.

Berdasarkan penjelasan diatas, pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor 2, karena sukrosa tidak dapat bereaksi dengan fehling sehingga tidak berubah warna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah no.2.undefined

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Data berikut ini yang berhubungan dengan tepat adalah ...

125

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia