Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu karbohidrat memberikan warna ungu dengan uji Molisch, berwarna merah dengan uji Seliwanoff, tidak berwarna pada uji iodin, dan memberikan hasil positif pada uji Barfoed. Jika jumlah atom karbon di dalam karbohidrat tersebut ada 6 buah, tentukan jenis karbohidrat tersebut!

Suatu karbohidrat memberikan warna ungu dengan uji Molisch, berwarna merah dengan uji Seliwanoff, tidak berwarna pada uji iodin, dan memberikan hasil positif pada uji Barfoed. Jika jumlah atom karbon di dalam karbohidrat tersebut ada 6 buah, tentukan jenis karbohidrat tersebut!space 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dengan demikian, jenis karbohidrat tersebut adalah ketoheksosa. Hasil dari uji karbohidrat suatu zat: Semua jenis karbohidrat mulai dari monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida menunjukkan reaksi positif dengan uji Molisch. Reaksi positif ditunjukkan dengan munculnya warna ungu. Pada uji Seliwanoff warna merah menunjukkan bahwa dalam sampel terkandung fruktosa.Ketosa akan membentuk warna merah tua akibat mengalami hidrasi, sementara aldosa membentuk warna merah muda akibat lambat terhidrasi. Uji iodin digunakan untuk menunjukkan adanya polisakarida. Endapan warna merah oranye pada uji Barfoed menunjukkan adanya monosakarida di dalam sampel. Berdasarkan uji karbohidrat zat di atas, jenis karbohidrat termasuk dalam monosakarida.Jika jumlah atom karbon di dalam karbohidrat tersebut ada 6 buah, maka jenis karbohidrat tersebut adalah monosakarida jenis ketosa yaitu heksosa.

Dengan demikian, jenis karbohidrat tersebut adalah ketoheksosa.

Hasil dari uji karbohidrat suatu zat:

  • Semua jenis karbohidrat mulai dari monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida menunjukkan reaksi positif dengan uji Molisch. Reaksi positif ditunjukkan dengan munculnya warna ungu.space
  • Pada uji Seliwanoff warna merah menunjukkan bahwa dalam sampel terkandung fruktosa. Ketosa akan membentuk warna merah tua akibat mengalami hidrasi, sementara aldosa membentuk warna merah muda akibat lambat terhidrasi.
  • Uji iodin digunakan untuk menunjukkan adanya polisakarida. 
  • Endapan warna merah oranye pada uji Barfoed menunjukkan adanya monosakarida di dalam sampel.

Berdasarkan uji karbohidrat zat di atas, jenis karbohidrat termasuk dalam monosakarida. Jika jumlah atom karbon di dalam karbohidrat tersebut ada 6 buah, maka jenis karbohidrat tersebut adalah monosakarida jenis ketosa yaitu heksosa.

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Salsabila

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuiskan reaksi pengenalan karbohidrat!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia