Roboguru

Suatu zat padat dilarutkan dalam air, kemudian ke dalam larutan tersebut dipasang elektrode yang dihubungkan dengan baterai dan lampu. Ternyata lampu tidak menyala dan tidak timbul gelembung gas. Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan penelitian tersebut adalah ...

Pertanyaan

Suatu zat padat dilarutkan dalam air, kemudian ke dalam larutan tersebut dipasang elektrode yang dihubungkan dengan baterai dan lampu. Ternyata lampu tidak menyala dan tidak timbul gelembung gas. Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan penelitian tersebut adalah ...space 

  1. zat padat itu dalam air terurai menjadi atom atom.space 

  2. zat padat itu dalam air tetap menjadi molekul-molekul.undefined 

  3.  zat padat itu dalam air terurai menjadi ion-ion.undefined 

  4.  air memberikan muatan listrik kepada zat padat.undefined 

  5. air dapat menghantarkan listrik jika ada zat padat terlarut.undefined 

Pembahasan Soal:

Larutan non elektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantar arus listrik. Larutan nonelektrolit tidak mampu menghantarkan arus listrik dikarenakan tidak adanya ion-ion yang bergerak bebas dalam larutan.

Zat yang dilarutkan dalam air kemudian dipasang elektrode dihubungkan dengan baterai dan lampu, ternyata lampu tidak menyala dan tidak timbul gelembung gas menandakan bahwa zat tersebut merupakan larutan non elektrolit. Karena zat tersebut tidak dapat mengion dalam larutan melainkan di dalam air tetap menjadi molekul-molekul.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Juliana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 01 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diantara sifat-sifat berikut yang termasuk sifat larutan urea adalah ....

Pembahasan Soal:

Urea adalah termasuk senyawa Non elektrolit, yang bersifat tidak dapat menghantarkan arus listrik. oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan data hasil uji daya hantar listrik terhadap beberapa larutan berikut!      Berdasarkan informasi di dalam tabel tersebut, pernyataan berikut yang paling benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Prinsip uji larutan elektrolit dan nonelektrolit sebagai berikut.

  1. Elektrolit kuat dapat menghasilkan banyak gelembung gas, nyala lampu terang, dan derajat ionisasi, begin mathsize 14px style alpha equals 1 end style.
  2. Elektrolit lemah menghasilkan sedikit gelembung gas, nyala lampu redup, dan derajat ionisasi, begin mathsize 14px style 0 less than italic alpha less than 1 end style.
  3. Nonelektrolit tidak dapat menghasilkan gelembung gas, dan lampu padam.

Berdasarkan data hasil uji daya hantar listrik, dapat kita simpulkan bahwa:

  • X adalah larutan elektrolit kuat dengan nyala lampu terang, banyak gelembung gas, derajat ionisasi begin mathsize 14px style alpha equals 1 end style dan memiliki daya hantar listrik lebih kuat dibandingkan Y dan Z.
  • Y adalah larutan nonelektrolit karena lampu tidak menyala/padam, tidak menghasilkan gelembung gas sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik.
  • Z adalah larutan elektrolit lemah karena lampu tidak menyala/padam dan terdapat sedikit gelembung gas, derajat ionisasi begin mathsize 14px style 0 less than italic alpha less than 1 end style dan memiliki daya hantar listrik lebih kuat dibandingkan Y.
     

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Berikut ini disajikan tabel data tentang daya hantar listrik.     Pernyataan yang benar tentang elektrolit adalah zat yang bila dilarutkan dalam air akan ...

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit merupakan larutan yang bisa menghantarkan arus listrik. Dalam larutan elektrolit molekul-molekulnya terurai (terdisosiasi) menjadi partikel-partikel bermuatan listrik positif dan negatif yang disebut dengan ion (ion positif-ion negatif). Ion positif yang dihasilkan dinamakan kation dan ion negatif yang dihasilkan dinamakan anion. Jumlah dari muatan ion positif dan ion negatif akan sama sehingga muatan ion-ion dalam larutan netral. Ion-ion inilah yang kemudian menghantarkan arus listrik.

Jadi larutan elektrolit adalah larutan yang terurai (terdisosiasi) menjadi partikel-partikel bermuatan listrik positif dan negatif yang disebut dengan ion (ion positif-ion negatif).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Air yang tidak dapat berfungsi sebagai elektrolit adalah ....

Pembahasan Soal:

Air suling (akuades) adalah contoh larutan non-elektrolit karena tidak memiliki ion-ion yang larut di dalamnya sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Kalaupun H subscript 2 O terionisasi, jumlahnya akan sangat kecil sehingga tidak cukup untuk dapat menghantarkan arus listrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Manakah di antara zat berikut yang mungkin tergolong elektrolit? Jelaskan jawaban Anda.

Pembahasan Soal:

C H subscript 4 tergolong dalam larutan non elektrolit karena termasuk dalam senyawa kovalen dan bersifat isolator listrik (tidak dapat menghantarkan arus listrik).

Jadi, jawaban sesuai dengan uraian di atas.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved