Iklan

Iklan

Pertanyaan

Data eksperimen daya hantar listrik beberapa larutan adalah sebagai berikut. Berdasarkan data di atas, yang merupakan larutan nonelektrolit adalah nomor ...

Data eksperimen daya hantar listrik beberapa larutan adalah sebagai berikut. 
 

Berdasarkan data di atas, yang merupakan larutan nonelektrolit adalah nomor ...space

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang merupakan larutan nonelektrolit ditunjukkan oleh nomor 2.

yang merupakan larutan nonelektrolit ditunjukkan oleh nomor 2.space

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah opsi B. Identifikasi larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah dapat dilakukan dengan pengujian menggunakan rangkaian listrik sederhana. Jika elektrode yang digunakan dalam percobaan dicelupkan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit maka akan terjadi kemungkinan berikut: Larutan elektrolit kuat akanmenghasilkan nyala lampu terang, sedangkan larutan elektrolit lemah akan menghasilkan nyala lampu redup atau dapat tidak menyala. Larutanelektrolit kuat akan menghasilkan gelembung yang jumlahnya banyak, sedangkan larutan elektrolit lemah akan menghasilkan gelembung yang jumlahnya sedikit. Jika elektrode dicelupkan ke dalam larutan nonelektrolit, maka lampu tidak akan menyala dan tidak terbentuk gelembung gas . Ketidakmampuan larutan elektrolit menyalakan lampu merupakan ciri bahwa larutan tersebut tidak dapat menghantarkan arus listrik. Berdasarkan data percobaan tabel padasoalmengacu pada keterangan di atas,yang merupakan larutan nonelektrolit yang paling tepat adalah larutan nomor 2, ditandai dengan tidak adanya gelembung gas yang dihasilkan dan lampu tidak menyala. Jadi, yang merupakan larutan nonelektrolit ditunjukkan oleh nomor 2.

Jawaban yang tepat adalah opsi B.

Identifikasi larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah dapat dilakukan dengan pengujian menggunakan rangkaian listrik sederhana. Jika elektrode yang digunakan dalam percobaan dicelupkan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit maka akan terjadi kemungkinan berikut:

  • Larutan elektrolit kuat akan menghasilkan nyala lampu terang, sedangkan larutan elektrolit lemah akan menghasilkan nyala lampu redup atau dapat tidak menyala.
  • Larutan elektrolit kuat akan menghasilkan gelembung yang jumlahnya banyak, sedangkan larutan elektrolit lemah akan menghasilkan gelembung yang jumlahnya sedikit. 
  • Jika elektrode dicelupkan ke dalam larutan nonelektrolit, maka lampu tidak akan menyala dan tidak terbentuk gelembung gas. Ketidakmampuan larutan elektrolit menyalakan lampu merupakan ciri bahwa larutan tersebut tidak dapat menghantarkan arus listrik. 

Berdasarkan data percobaan tabel pada soal mengacu pada keterangan di atas, yang merupakan larutan nonelektrolit yang paling tepat adalah larutan nomor 2, ditandai dengan tidak adanya gelembung gas yang dihasilkan dan lampu tidak menyala.

Jadi, yang merupakan larutan nonelektrolit ditunjukkan oleh nomor 2.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data percobaan uji larutan berikut. Pasangan senyawa yang merupakan larutan non-elektrolit dan elektrolit lemah berturut-turut adalah larutan nomor ....

120

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia