Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui larutan-larutan berikut: Garam dapur Air cuka Alkohol Air suling Larutan yang termasuk non elektrolit, elektrolit lemah, dan elektrolit kuat berturut-turut adalah ....

Diketahui larutan-larutan berikut:

  1. Garam dapur
  2. Air cuka
  3. Alkohol
  4. Air suling

Larutan yang termasuk non elektrolit, elektrolit lemah, dan elektrolit kuat berturut-turut adalah .... 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

larutan yang termasuk nonelektrolit adalah alkohol dan air suling, elektrolit lemah adalah air cuka,dan elektrolit kuat adalah garam dapur.

larutan yang termasuk nonelektrolit adalah alkohol dan air suling, elektrolit lemah adalah air cuka, dan elektrolit kuat adalah garam dapur.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berdasarkan daya hantar listrik, lariutan dibedakan menjadi 2, yaitu : Larutan elektrolit Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik.Berdasarkan kekuatan daya hantar listrikmya, larutan elektrolit dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang zat terlarutnya terionisasi sempurna, sedangkan elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian. Larutan elektrolit kuat dapat bersumber dari asam kuat, basa kuat, dan garam. Larutan garam dapur merupakan contoh larutan elektrolit kuat. Larutan elektrolit lemah dapat bersumber dari asam lemah dan basa lemah. Cuka (asam asetat) merupakan contoh larutan elektrolit lemah. Larutan nonelektrolit Larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan aruts listrik, biasanya bersumber dari senyawa selain asam, basa, dan garam. Alkoholdan air suling merupakan contoh larutan nonelektrolit Jadi, larutan yang termasuk nonelektrolit adalah alkohol dan air suling, elektrolit lemah adalah air cuka,dan elektrolit kuat adalah garam dapur.

Berdasarkan daya hantar listrik, lariutan dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Larutan elektrolit
    Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Berdasarkan kekuatan daya hantar listrikmya, larutan elektrolit dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang zat terlarutnya terionisasi sempurna, sedangkan elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian.
    Larutan elektrolit kuat dapat bersumber dari asam kuat, basa kuat, dan garam. Larutan garam dapur merupakan contoh larutan elektrolit kuat.
    Larutan elektrolit lemah dapat bersumber dari asam lemah dan basa lemah. Cuka (asam asetat) merupakan contoh larutan elektrolit lemah.
  • Larutan nonelektrolit
    Larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan aruts listrik, biasanya bersumber dari senyawa selain asam, basa, dan garam. Alkohol dan air suling merupakan contoh larutan nonelektrolit

Jadi, larutan yang termasuk nonelektrolit adalah alkohol dan air suling, elektrolit lemah adalah air cuka, dan elektrolit kuat adalah garam dapur.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

FATCHUL AL FAJR RAMADHAN

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan jenis-jenis larutan menurut daya hantar listriknya.

16

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia