Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu sampel larutan dicampur dengan pereaksi Molisch. Setelah itu, campuran diiberi asam sulfat pekat secara perlahan-lahan. Pada bagian bawah tabung reaksi terbentuk cincin berwarna ungu. Saat sampel larutan ditambah pereaksi Fehling, terbentuk endapan merah bata. Saat sampel larutan dicampur pereaksi Seliwanoff, lalu dipanaskan dalam air mendidih, sampel menjadi berwarna merah. Apakah sampel larutan tersebut mengandung karbohidrat? Jika sampel larutan tersebut mengandung karbohidrat, jenis karbohidrat apakah yang terdapat di dalamnya?

Suatu sampel larutan dicampur dengan pereaksi Molisch. Setelah itu, campuran diiberi asam sulfat pekat secara perlahan-lahan. Pada bagian bawah tabung reaksi terbentuk cincin berwarna ungu. Saat sampel larutan ditambah pereaksi Fehling, terbentuk endapan merah bata. Saat sampel larutan dicampur pereaksi Seliwanoff, lalu dipanaskan dalam air mendidih, sampel menjadi berwarna merah. Apakah sampel larutan tersebut mengandung karbohidrat? Jika sampel larutan tersebut mengandung karbohidrat, jenis karbohidrat apakah yang terdapat di dalamnya?space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sampel larutan tersebut mengandung fruktosa.

sampel larutan tersebut mengandung fruktosa.space

Iklan

Pembahasan

Kandungan karbohidrat pada suatu zat dapat diuji dengan menggunakan beberapa uji, yaitu: Uji Molisch, yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan karbohidrat. Uji Molisch didasarkan pada reaksi hidrolisis karbohidrat yang membentuk monosakarida. Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Molisch akan menghasilkan cincin atau lapisan berwarna ungu. Uji Seliwanoff, yang bertujuan untuk mengetahui adanya fruktosa.Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Seliwanoff akan menghasilkan larutan berwarna merah. Uji Fehling, uji Tollens, dan uji Benedict, yang bertujuan untuk mengetahui adanya gula pereduksi.Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Fehling akan menghasilkan endapan merah bata, sedangkan pada uji Tollens akan menghasilkan cermin perak, dan pada uji Benedict akan menghasilkan warna yang bergantung pada konsentrasi glukosa dalam senyawanya. Larutan yang memiliki kandungan glukosa terbanyak akan menghasilkan warna merah bata. Berdasarkan penjelasan tersebut dan analisis yang ada pada soal, maka larutan tersebut mengandung karbohidrat jenis fruktosa. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya warna merah pada uji Seliwanoff yang membuktikan bahwa senyawa tersebut mengandung fruktosa. Jadi, sampel larutan tersebut mengandung fruktosa.

Kandungan karbohidrat pada suatu zat dapat diuji dengan menggunakan beberapa uji, yaitu:

  1. Uji Molisch, yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan karbohidrat. Uji Molisch didasarkan pada reaksi hidrolisis karbohidrat yang membentuk monosakarida. Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Molisch akan menghasilkan cincin atau lapisan berwarna ungu.
  2. Uji Seliwanoff, yang bertujuan untuk mengetahui adanya fruktosa. Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Seliwanoff akan menghasilkan larutan berwarna merah.
  3. Uji Fehling, uji Tollens, dan uji Benedict, yang bertujuan untuk mengetahui adanya gula pereduksi. Senyawa yang bereaksi positif terhadap uji Fehling akan menghasilkan endapan merah bata, sedangkan pada uji Tollens akan menghasilkan cermin perak, dan pada uji Benedict akan menghasilkan warna yang bergantung pada konsentrasi glukosa dalam senyawanya. Larutan yang memiliki kandungan glukosa terbanyak akan menghasilkan warna merah bata.

Berdasarkan penjelasan tersebut dan analisis yang ada pada soal, maka larutan tersebut mengandung karbohidrat jenis fruktosa. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya warna merah pada uji Seliwanoff yang membuktikan bahwa senyawa tersebut mengandung fruktosa.

Jadi, sampel larutan tersebut mengandung fruktosa.space

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

271

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuiskan reaksi pengenalan karbohidrat!

999

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia