Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1-3!


    Pada suatu hari seekor kucing dan seekor rubah terlibat percakapan. Rubah yang dikenal sebagai makhluk cerdik menyombongkan kecerdikannya.

    "Aku tahu sedikitnya seratus cara meloloskan diri dari musuh kita berdua, yaitu anjing," kata rubah.

    "Aku hanya tahu satu cara untuk meloloskan diri dari para anjing. Tolong ajari aku beberapa cara yang kau miliki," kata kucing.

    "Emm, mungkin kali lain, kalau aku mempunyai waktu. Mungkin aku akan mengajarimu beberapa cara yang sederhana," jawab rubah sombong.

    Tiba-tiba keduanya mendengar gonggongan banyak anjing di kejauhan. Suara gonggongan itu makin keras, anjing-anjing itu tentu bergerak ke arah mereka. Secepat kilat kucing berlari menuju pohon terdekat lalu memanjat ke salah satu dahan yang tidak mungkin terjangkau oleh anjing.

    "Inilah satu-satunya cara yang kutahu untuk menghindar dari para anjing. Yang mana diantara seratus cara meloloskan diri dari anjing yang kaupunya yang akan kaugunakan?" tanya kucing pada rubah di bawah.

    Rubah itu duduk terdiam di bawah pohon sambil berpikir cara mana yang akan digunakannya. Namun, sebelum ia memutuskan, anjing-anjing sudah tiba dan menyerang rubah itu hingga mati dan mencabik-cabik tubuh nya.space 

Salah satu nilai moral yang dapat dipetik dari fabel di atas adalah ....

Salah satu nilai moral yang dapat dipetik dari fabel di atas adalah ....space 

  1. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.space 

  2. Sebuah aksi nyata lebih baik dibandingkan seratus rencana di kepala.space 

  3. Untuk suatu hal, kita perlu menganalisis puluhan kemungkinan.space 

  4. Lebih baik berkawan daripada seorang diri melawan musuh.space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel merupakan jenis cerita pendek dengan tokoh binatang yang diberi watak dan budi pekerti manusia. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia. Dalam menelaah cerita fabel, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah unsur-unsur intrinsik atau unsur pembangun cerita tersebut. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun teks dari dalam. Salah satu unsur intrinsik fabel adalah amanat atau pesan moral. Amanat atau pesan moral merupakanpesan yang terkandung dalam cerita tersebut yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pembacanya. Fabel di atas menceritakan tentang rubah yang menyombongkan diri terhadap kucing mengenai dirinya yang memiliki seratus cara untuk menghindar dari anjing. Akan tetapi ketika dihadapkan dengan anjing secara langsung, rubah lebih dulu tercabik-cabik oleh anjing sebelum memutuskan rencana mana yang akan digunakannya. Berdasarkan penjelasan tersebut, salah satu nilai moral yang dapat dipetik dari fabel di atas adalah Sebuah aksi nyata lebih baik dibandingkan seratus rencana di kepala. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Fabel merupakan jenis cerita pendek dengan tokoh binatang yang diberi watak dan budi pekerti manusia. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia.

Dalam menelaah cerita fabel, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah unsur-unsur intrinsik atau unsur pembangun cerita tersebut. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun teks dari dalam. Salah satu unsur intrinsik fabel adalah amanat atau pesan moral.

Amanat atau pesan moral merupakan pesan yang terkandung dalam cerita tersebut yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pembacanya.

Fabel di atas menceritakan tentang rubah yang menyombongkan diri terhadap kucing mengenai dirinya yang memiliki seratus cara untuk menghindar dari anjing. Akan tetapi ketika dihadapkan dengan anjing secara langsung, rubah lebih dulu tercabik-cabik oleh anjing sebelum memutuskan rencana mana yang akan digunakannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, salah satu nilai moral yang dapat dipetik dari fabel di atas adalah Sebuah aksi nyata lebih baik dibandingkan seratus rencana di kepala.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Latihan Bab

Mengenal Fabel dan Legenda

Intrinsik Fabel dan Legenda

Kebahasaan Fabel dan Legenda

Menganalisis Fabel dan Legenda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

457

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nilai moral dalam kutipan fabel tersebut adalah....

113

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia