Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah fabel berikut!


    Seekor kura-kura ingin pindah rumah ke tempat yang agak jauh dari rumah nya semula. Ia meminta bantuan seekor elang untuk membawanya ke tempat tersebut. Si elang dijanjikannya upah yang besar atas bantuannya. Elang itu setuju.

    Selanjutnya, dengan cakar tajamnya burung elang mencengkeram tubuh kura-kura itu, lalu membawa nya terbang. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seekor burung gagak.

    "Wow, kura-kura adalah makanan yang lezat," kata burung gagak.

    "Ah .. tempurungnya terlalu keras," jawab burung elang.

    "Batu-batuan akan dapat meremukkannya," sahut burung gagak.

    Burung elang akhirnya mengikuti petunjuk burung gagak itu dan melepaskan tubuh kura-kura yang dibawanya dari ketinggian ke sebuah batu besar. Prak! Remuklah tempurung kura-kura itu dan akhirnya kedua burung tadi berpesta daging kura-kura.space 

Kiasan yang tepat untuk menyatakan nasihat yang tersirat pada fabel di atas adalah ....

Kiasan yang tepat untuk menyatakan nasihat yang tersirat pada fabel di atas adalah ....space 

  1. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.space 

  2. Jangan pernah terbang menggunakan sayap-sayap musuhmu.space 

  3. Jangan bermimpi bisa terbang jika tidak mempunyai sayap.space 

  4. Rumput tetangga memang tampak lebih hijau.space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel merupakan jenis cerita pendek dengan tokoh binatang yang diberi watak dan budi pekerti manusia. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia. Dalam menelaah cerita fabel, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah unsur-unsur intrinsik atau unsur pembangun cerita tersebut. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun teks dari dalam. Salah satu unsur intrinsik fabel adalah amanat atau pesan moral. Amanat atau pesan moral merupakanpesan yang terkandung dalam cerita tersebut yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pembacanya. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , kiasan di artikan sebagaipertimbangan tentang suatu hal dengan perbandingan atau persamaan dengan hal yang lain. Fabel di atas bercerita tentang kura-kura yang ingin pindah rumah dan meminta tolong elang untuk membawanya terbang menuju tempat tinggal yang baru. Elang dijanjikan upah yang besar oleh kura-kura. Namun di tengah perjalanan, kura-kura justru dijadikan santapan oleh Elang. Berdasarkan penjelasan tersebut, kiasan yang tepat untuk menyatakan nasihat yang tersirat pada fabel di atas adalah Jangan bermimpi bisa terbang jika tidak mempunyai sayap. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Fabel merupakan jenis cerita pendek dengan tokoh binatang yang diberi watak dan budi pekerti manusia. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia.

Dalam menelaah cerita fabel, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah unsur-unsur intrinsik atau unsur pembangun cerita tersebut. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun teks dari dalam. Salah satu unsur intrinsik fabel adalah amanat atau pesan moral.

Amanat atau pesan moral merupakan pesan yang terkandung dalam cerita tersebut yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pembacanya. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kiasan di artikan sebagai pertimbangan tentang suatu hal dengan perbandingan atau persamaan dengan hal yang lain.

Fabel di atas bercerita tentang kura-kura yang ingin pindah rumah dan meminta tolong elang untuk membawanya terbang menuju tempat tinggal yang baru. Elang dijanjikan upah yang besar oleh kura-kura. Namun di tengah perjalanan, kura-kura justru dijadikan santapan oleh Elang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kiasan yang tepat untuk menyatakan nasihat yang tersirat pada fabel di atas adalah Jangan bermimpi bisa terbang jika tidak mempunyai sayap.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Latihan Bab

Mengenal Fabel dan Legenda

Intrinsik Fabel dan Legenda

Kebahasaan Fabel dan Legenda

Menganalisis Fabel dan Legenda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

291

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu nilai moral yang dapat dipetik dari fabel di atas adalah ....

452

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia