Iklan

Iklan

Pertanyaan

Produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu....

Produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu.... 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu tempe, Yogurt, tapai, nata de coco, keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir.

produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu tempe, Yogurt, tapai, nata de coco, keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir.undefined 

Iklan

Pembahasan

Prinsip bioteknologi konvensional adalah menggunakan secara langsung mikroorganisme. Proses yang digunakan pada bioteknologi konvensional adalah proses fermentasi. Dengan fermentasi, bahan makanan tertentu diubah menjadi makanan bentuk lain sehingga cita rasanya leih enak, lebih menarik dan mengandung nilai gizi yang lebih tinggi. Contohnya pembuatan tempe berbahan dasar kedelai menggunakan jamur Rhizopus oryzae , pembuatan Yogurt berbahan dasar susu menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus . Pembuatan tapai berbahan dasar beras ketan atau singkong dengan memanfaatkan Saccaromyces cerevisiae, Chlamydomucor oryzae, dan Mucor sp., dan Saccharomyces verdomanii . Pembuatan nata de coco berbahan dasar air kelapa menggunakan bakteri Acetobacter xylinum . Selain itu masih banyak contoh lainnya seperti pembuatan keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir. Jadi, produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu tempe, Yogurt, tapai, nata de coco, keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir.

Prinsip bioteknologi konvensional adalah menggunakan secara langsung mikroorganisme. Proses yang digunakan pada bioteknologi konvensional adalah proses fermentasi. Dengan fermentasi, bahan makanan tertentu diubah menjadi makanan bentuk lain sehingga cita rasanya leih enak, lebih menarik dan mengandung nilai gizi yang lebih tinggi. Contohnya pembuatan tempe berbahan dasar kedelai menggunakan jamur Rhizopus oryzae, pembuatan Yogurt berbahan dasar susu menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Pembuatan tapai berbahan dasar beras ketan atau singkong dengan memanfaatkan Saccaromyces cerevisiae, Chlamydomucor oryzae, dan Mucor sp., dan Saccharomyces verdomanii. Pembuatan nata de coco berbahan dasar air kelapa menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Selain itu masih banyak contoh lainnya seperti pembuatan keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir.

Jadi, produk-produk bioteknologi konvensional yang memanfaatkan peran bakteri untuk melakukan fermentasi, yaitu tempe, Yogurt, tapai, nata de coco, keju, oncom, kecap, tauco, roti, sake dan bir.undefined 

Latihan Bab

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Konsep Dasar Bioteknologi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

982

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tapai ketan dan tapai singkong merupakan produk .... yang telah dikenal luas oleh masyarakat.

395

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia