Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalah ...

Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalah ... space 

  1. Monomer amilum adalah glukosa, sedangkan monomer selulosa adalah fruktosa space 

  2. Hidrolisis amilum dan selulosa akan menghasilkan glukosa. space 

  3. Monomer selulosa adalah a-glukosa dan monomer pada amilum adalah  space 

  4. Amilum termasuk monosakarida dan selulosa termasuk polisakarida space 

  5. Amilum dan selulosa dapat dicerna oleh manusia. space 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalahhidrolisis amilum dan selulosa akan menghasilkan glukosa.

pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalah hidrolisis amilum dan selulosa akan menghasilkan glukosa.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah B. Amilum merupakan senyawa polisakarida yangdapat terhidrolisis pada suhu tinggi menghasilkan molekul-molekul glukosa .Amilum merupakan polimer dari α − D − glukosa dengan dua strukturyaitu amilosa dan amilopektin. Di dalam tubuh manusia, amilum mengalami hidrolisis di mulut karena adanya enzim amilasedi dalam kelenjar ludah dan oleh enzim pankreas di dalam usus. Selulosa merupakan polisakarida struktural yang berfungsi memberikan perlindungan, bentuk, dan penyangga terhadap sel dan jaringan.Selulosa merupakan polimer dari , β − D − glukosa yang saling terikat pada C-1 dan C-4 atau dikenal dengan ikatan , β − ( 1 , 4 ) − glikosida . Hidrolisis total terhadap selulosa, misalnya dengan asam kuat, akan menghasilkan glukosa yang selanjutnya dapat diubah menjadi etanol sebagai bahan bakar biodiesel dan sejenisnya. Dengan demikian, pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalahhidrolisis amilum dan selulosa akan menghasilkan glukosa.

Jawaban yang benar adalah B.

Amilum merupakan senyawa polisakarida yang dapat terhidrolisis pada suhu tinggi menghasilkan molekul-molekul glukosa. Amilum merupakan polimer dari  dengan dua struktur yaitu amilosa dan amilopektin. Di dalam tubuh manusia, amilum mengalami hidrolisis di mulut karena adanya enzim amilase di dalam kelenjar ludah dan oleh enzim pankreas di dalam usus.

Selulosa merupakan polisakarida struktural yang berfungsi memberikan perlindungan, bentuk, dan penyangga terhadap sel dan jaringan. Selulosa merupakan polimer dari , yang saling terikat pada C-1 dan C-4 atau dikenal dengan ikatan ,Hidrolisis total terhadap selulosa, misalnya dengan asam kuat, akan menghasilkan glukosa yang selanjutnya dapat diubah menjadi etanol sebagai bahan bakar biodiesel dan sejenisnya.

Dengan demikian, pernyataan berikut yang paling tepat mengenai selulosa dan amilum adalah hidrolisis amilum dan selulosa akan menghasilkan glukosa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan mengapa pada hidrolisis amilum tidak terbentuk laktosa.

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia