Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini! Pasangan yang tepat antara mikroorganisme dan produk yang dihasilkan ditunjukkan nomor ....

Perhatikan tabel di bawah ini!

Pasangan yang tepat antara mikroorganisme dan produk yang dihasilkan ditunjukkan nomor .... 

Jawaban:

Bioteknologi kovensional adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme secara utuh untuk menghasilkan produk dan umumnya menggunakan prinsip fermentasi dalam produksinya. 

  • Acetobacter xylinum merupakan bakteri berperan dalam pembuatan nata de coco dengan mengubah gula pada air kelapa menjadi selulosa. Selulosa yang terbentuk itulah yang kita kenal dengan nata de coco.
  • Lactobacillus bulgaricus merupakan bakteri yang berperan dalam pembuatan yoghurt. Lactobacillus bulgaricus melakukan fermentasi dengan mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat. Proses ini membuat yoghurt memiliki rasa asam dan konsistensi yang kental.
  • Streptococcus lactis merupakan salah satu jenis bakteri yang berperan dalam pembuatan keju. Streptococcus lactis (penamaan baru menjadi Lactococcus lactis) mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat. Asam laktat akan menggumpalkan protein susu (kasein) sehingga terbentuk dadih susu. Dadih ini selanjutnya diproses sampai terbentuk keju. 
  • Penicillium notatum merupakan fungi yang berperan dalam  pembuatan antibiotik penisilin.
  • Chlorella merupakan alga yang berperan dalam produksi protein sel tunggal (PST).

Dengan demikian, pasangan yang tepat antara mikroorganisme dan produk yang dihasilkan ditunjukkan nomor 1, 2, dan 3.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved