Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!


ltulah percakapan saat-saat jelang keberangkatan Zen ke Belanda. Sehari sebelum Zen meninggalkan Indonesia, kami habiskan waktu berdua di sebuah kafe termewah di Kota BL ini. Aku memandangi wajah Zen. Ia pun seakan menembus ke dalam kedua mataku. Kupegang erat kedua tangannya. Tiga tahun bagi orang lain memang hanya sekejap. Tetapi tidak untukku yang kala itu tengah menikmati indahnya awal berkeluarga. Aku ingin menemani Zen, cuman perusahaan tempatnya bekerja tidak membolehkan. Alasannya, karyawan yang disekolahkan tidak boleh diganggu sehingga ia bisa kembali dengan sukses. Selain itu, perusahaan tidak menanggung di luar yang mendapat beasiswa. Artinya, jika aku menyertai Zen, aku harus menanggung seluruh biaya transportasi dan segala keperluan selama di Belanda. Bagaimana mungkin bisa? Biaya hidup disana sangat tinggi dibanding di Indonesia. Selain itu, kalau Zen gagal maka kami harus mengganti seluruh biaya yang telah dikeluarkan. lni jelas sangatlah berat. undefined 

Hanya untuk Satu Nama, lsbendy Setiawan ZS 

Penyebab konflik pada cerpen tersebut adalah ...

Penyebab konflik pada cerpen tersebut adalah ...  

  1. Perpisahan dengan Zen selama tiga tahun. undefined 

  2. Kepergian Zen ke Belanda tanpa disertai tokoh Aku. undefined 

  3. Perpisahan dengan Zen di bandara sebelum keberangkatan ke Belanda. undefined 

  4. Ancaman untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan apabila Zen gagal. undefined 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. space 

Iklan

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya). Penyebab konflik adalah yang menyebabkan ketegangan atau pertentangan dalam cerita. Konflik pada cerita tersebut adalah tokoh "aku" yang akan ditinggalkan Zen selama tiga tahun untuk bersekolah di Belanda. Hal ini terbukti pada kalimat Tiga tahun bagi orang lain memang hanya sekejap. Tetapi tidak untukku yang kala itu tengah menikmati indahnya awal berkeluarga. Penyebab konflik ini terjadikarena perusahaan tempat Zen bekerja, yang membiayai sekolah Zen di Belanda melarang Zen untuk membawa keluarga . Hal ini dibuktikan pada kalimat Aku ingin menemani Zen, cuman perusahaan tempatnya bekerja tidak membolehkan. Jadi yang menjadi penyebab konflik adalah Kepergian Zen ke Belanda tanpa disertai tokoh Aku. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya).

Penyebab konflik adalah yang menyebabkan ketegangan atau pertentangan dalam cerita. 

Konflik pada cerita tersebut adalah tokoh "aku" yang akan ditinggalkan Zen selama tiga tahun untuk bersekolah di Belanda. Hal ini terbukti pada kalimat Tiga tahun bagi orang lain memang hanya sekejap. Tetapi tidak untukku yang kala itu tengah menikmati indahnya awal berkeluarga. Penyebab konflik ini terjadi karena perusahaan tempat Zen bekerja, yang membiayai sekolah Zen di Belanda melarang Zen untuk membawa keluarga. Hal ini dibuktikan pada kalimat Aku ingin menemani Zen, cuman perusahaan tempatnya bekerja tidak membolehkan.

Jadi yang menjadi penyebab konflik adalah Kepergian Zen ke Belanda tanpa disertai tokoh Aku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian konflik awal dalam cerita tersebut terjadi ketika ...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia