Roboguru

Kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian ....

Pertanyaan

Kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian .... space 

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Ciri-ciri teks cerita pendek:

  • Cerita merupakan khayalan atau rekaan pengarang.
  • Jumlah kata kurang dari 10.000 kata.
  • Hanya menceritakan tokoh tertentu.
  • Penokohan sederhana.
  • Memiliki alur tunggal.
  • Dapat dibaca dengan sekali duduk.

Struktur teks cerpen:

  • Orientasi: Berisi pengenalan tokoh, latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya.
  • Rangkaian peristiwa: Kisah berlanjut menuju peristiwa.
  • Komplikasi: Berupa cerita yang berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama.
  • Resolusi: Menceritakan penyelesaian masalah yang dialami tokoh.

Pada kutipan teks cerpen tersebut terdapat kalimat:

  • "Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!" 
  • "Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!" 
  • “Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek.”

Berdasarkan kutipan tersebut, kita dapat mengetahui poster Blur kesayangan Rinta sudah terbagi dua karena robek akibat ulah Anya. Hal ini menimbulkan pertengkaran di antara mereka. Dalam struktur cerpen, bagian ini berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama.

Dengan demikian, kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian komplikasi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya).

Penyebab konflik adalah yang menyebabkan ketegangan atau pertentangan dalam cerita. 

Konflik pada cerita tersebut adalah ketidaksetujuan tokoh ibu dengan tokoh lainnya tentang pemberian nama "Kartini" pada bayi yang baru lahir. Hal ini dibuktikan dengan kalimat "Masak ngasih nama anak orang Kartini." Tokoh lainnya tetap bersikeras menamakan "Kartini" dengan menjabarkan kebaikan dan jasa Kartini bagi perempuan Indonesia, namun tokoh ibu tetap tidak menyetujui karena ternyata anak yang baru lahir itu berjenis kelamin laki-laki, dibuktikan dengan kalimat "Betul! Tapi kalau anak laki-laki diberi nama Kartini, itu namanya sudah sinting!"

Jadi penyebab konflik pada kutipan teks di atas adalah Kesalahan memberi nama kepada anak laki-laki dengan nama perempuan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

“Jadi pionir itu berat, karena mereka membela sejarah ke depan.“ Kalimat itu berulang-ulang terliang ke telinga yusuf. sebuah pendapat yang keluar dari mulut perempuan dan perempuan Tionghoa. Yusuf am...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan anatara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya). Konflik batin adalah konflik yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih  atau keinginan yang saling bertentangan untuk menguasai diri sehingga memengaruhi tingkah laku.

Konflik dalam penggalan novel itu adalah konflik batin karena terdapat gagasan yang saling bertentangan sehingga memengaruhi pikiran dan tindakan tokoh. Di sana digambarkan kekaguman tokoh Yusuf terhadap keberanian tokoh Liam Mien yang mengemukakan pendapat bahwa jadi pionir itu berat karena harus membela sejarah ke dapan. Yusuf menyetujui pendapat itu namun Yusuf juga berkeyakinan bahwa pendapat itu akan bertentangan dengan keinginan kaum Tionghoa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Suatu ketika, Darma dan Zainal sepakat ingin melihat pesawat dari dekat. Sebetulnya mereka juga mengajak anak­-anak lain tetapi mereka tidak mau. Kedua anak ini pun pergi tanpa pamit kepada orang tua ...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Teks cerita pendek berbentuk narasi.

Oleh karena itu, sebagaimana teks sejenisnya, cerita pendek dibentuk oleh bagian-bagian berikut:

  • Orientasi: Berisi pengenalan tokoh. latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya. Dalam teks cerita pendek, umumnya penulis langsung mengenalkan masalah yang dialami tokoh utamanya.
  • Komplikasi: Berupa cerita yang berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama. Akibat itu dapat berupa konflik atau pertentangan pada diri tokoh itu sendiri (konflik sendiri) ataupun reaksi dari tokoh lain.
  • Resolusi: Menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh.

Di samping itu, mungkin pula mungkin pula di dalam sebuah cerpen terdapat abstrak dan koda.

  • Abstrak merupakan pengantar cerita oleh pengarang tentang cerpen yang disampaikannya. Abstrak berisi bagian akhir dari suatu cerita, biasanya berupa komentar dari pengarang atas seluruh rangkaian peristiwa yang disampaikan sebelumnya.
  • Koda, merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita.

Pada kutipan cerpen terdapat kalimat:

  • Darma dan Zainal sepakat ingin melihat pesawat dari dekat.
  • Sebetulnya mereka juga mengajak anak­-anak lain tetapi mereka tidak mau.
  • Kedua anak ini pun pergi tanpa pamit kepada orang tua mereka.

Ketiga kalimat itu menunjukkan bahwa teks cerpen tersebut merupakan bagian komplikasi, karena mengantarkan tokoh-tokohnya pada suatu permasalahan, yakni disebabkan karena Darma dan Zainal pergi tanpa pamit kepada orang tua mereka.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

1

Roboguru

Bacalah dengan saksama kutipan cerita berikut! Di tengah jalan Rasmani diam saja, sebentar-sebentar menjauh ia sedikit, karena takut pakian Masrul akan basah oleh air bajunya. Masrul memayungi anak p...

Pembahasan Soal:

Konflik biasa disebut sebagai masalah. Konflik pada kutipan cerita berikut adalah tokoh Masrul yang merasa iba melihat seorang anak perempuan bernama Rasmani basah kuyup dan menggigil karena kehujanan. Oleh sebab itu, tokoh Masrul memayungi Rasmani. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Malam itu Totto-chan tidak bisa tidur meskipun telah lama berbaring. Pergi berkemah membuatnya agak takut, seperti menghadapi petualangan yang hebat. Jantungnya berdegup kencang. Esok paginya, begitu ...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah permasalahan yang terjadi dalam sebuah cerita. Dalam kutipan cerpen di atas, konflik yang terjadi adalah ketakutan Totto-chan untuk berkemah.Totto-chan seperti menghadapi petualangan yang hebat, dan jatungnya berdegup kencang. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved