Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks cerita berikut!


    SDN Gilang tahun ini akan menghadapi Lomba Sekolah Adiwiyata. VIrna sebagai ketua kelas VI, mendapat tugas dari wali kelasnya untuk mengkoordinir teman-temannya mengumpulkan tanaman sesuai jadwal piket masing-masing. Pagi itu Dhinta Membawa tanaman bunga Lili mewakili kelompok piketnya hari Rabu. Nabila datang juga membawa bunga Aster. Teman-teman yang sudah datang mulai berkerumun di antara dua bunga itu.
    Virna bertanya kepada Dhinta, “Dhin, di mana kau membeli bunga Lili yang indah itu?”. Dhinta menjawab sambil meletakkan tasnya di kursi, “Di Pak Harjo, penjual tanaman sebelah bonbin.” “Oh pantas cantik sekali” kata Salma yang tiba-tiba ikut bergabung. Prang!!! Terdengar suara berdebum dari arah kerumunan anak-anak yang lain. Fansa berjalan ke arah Dhinta dan berkata, “Dhin pot bungamu pecah, tanahnya berantakan”. Wajah Dhinta langsung memerah mendengar laporan temannya. Ia bergegas mendekati pot bunga Lili yang baru saja dibawanya. “Siapa yang memecahkan pot bunga Lili milikku?” dengan lantang dan ia berteriak. Anak-anak yang lain berkata “Genta….Genta….”. Belum sampai Dhinta menanggapi jawaban teman-temannya bel masuk sudah berbunyi. Dhinta kemudian duduk di kursi masih dengan tampang bersungut.
    Ibu Finda dating, setelah berdoa lalu bertanya, “Apa yang terjadi, mengapa pot baru itu pecah?” Virna sang ketua kelas menjelaskan apa yang terjadi. “Ya sudah nanti Ibu coba bicarakan dengan wali kelas Genta. Dhinta jangan marah-marah lagi ya… semua hal dapat kita selesaikan dengan hati yang tenang. Ibu mengerti apa yang kau rasakan.” Dhinta mengangguk setelah diberi nasehat Ibu Finda “Terima kasih, Bu atas nasehatnya.”space 

Bagian konflik awal dalam cerita tersebut terjadi ketika ...

Bagian konflik awal dalam cerita tersebut terjadi ketika ...space 

  1. Fansa mengatakan apa yang terjadi kepada Dhintaundefined 

  2. Anak-anak berkerumun melihat bunga Lili dan Asterundefined 

  3. Anak-anak berteriak dengn keras "Genta....Genta".undefined 

  4. Terdengar suara...prang...dari arah kerumunan anakundefined 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah D.

jawaban yang paling tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Salah satu struktur cerita pendek adalah komplikasi, yaitu titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan, biasanya peristiwa-peristiwa permasalahan tersebut ditulis menggunakan hubungan sebab akibat. Konflik dari cerita ini bermula saat terdengar suara...prang...dari arah kerumunan anak. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.

Salah satu struktur cerita pendek adalah komplikasi, yaitu titik di mana tokoh utama mulai mengalami permasalahan atau konflik yang bermunculan, biasanya peristiwa-peristiwa permasalahan tersebut ditulis menggunakan hubungan sebab akibat. Konflik dari cerita ini bermula saat terdengar suara...prang...dari arah kerumunan anak.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan teks cerpen tersebut memuat bagian ....

3

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia