Roboguru

Mengapa asam glutamat lebih bersifat asam, sedangkan lisin bersifat basa?

Pertanyaan

Mengapa asam glutamat lebih bersifat asam, sedangkan lisin bersifat basa?space 

Pembahasan Soal:

    Gugus fungsional pada asam amino yaitu karboksil dan amina, keduanya mempengaruhi sifat keasaman asam amino, dimana gugus karboksil bersifat asam sedangkan gugus amina bersifat basa.

    Dengan demikian, asam amino dapat bereaksi dengan asam maupun basa sehingga dikatakan bersifat amfoter atau amfiprotik. Sifat amfoter ini tampak pada asam amino yang hanya mengikat satu gugus karboksil dan satu gugus amina.

    Jika asam amino mampu mengikat lebih dari satu gugus karboksil dan hanya mengikat satu gugus amina, maka asam amino akan bersifat asam seperti pada senyawa asam glutamat. Berikut adalah struktur senyawa asam glutamat yang memiliki dua gugus karboksil.


 
 

     Jika asam amino mampu mengikat lebih dari satu gugus amina dan hanya mengikat satu gugus karboksil, maka asam amino akan bersifat basa seperti pada senyawa lisin. Berikut adalah struktur senyawa lisin yang memiliki dua gugus amina.


 
 

Jadi, asam glutamat lebih bersifat asam karena memiliki dua gugus karboksil, sedangkan lisin bersifat basa karena memiliki dua gugus amina.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved