Iklan

Iklan

Pertanyaan

Larutan penyangga yang dibuat dari NH 3 ​ dan NH 4 ​ Cl memiliki pH 10,0. Prosedur berikut dapat digunakan untuk menurunkan pH: Penambahan HCI Penambahan NH 3 ​ Penambahan NH 4 ​ Cl Prosedur yang benar adalah ....

Larutan penyangga yang dibuat dari  dan memiliki pH 10,0. Prosedur berikut dapat digunakan untuk menurunkan pH:

  1. Penambahan HCI
  2. Penambahan
  3. Penambahan

Prosedur yang benar adalah ....space

  1. I sajaspace

  2. II sajaspace

  3. III sajaspace

  4. I dan IIIspace

  5. II dan IIIspace

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berikut adalah sistem kesetimbangan dalam larutan penyangga yang dibuat dari NH 3 ​ dan NH 4 ​ Cl : NH 3 ​ ( a q ) + H 2 ​ O ( a q ) ⇌ NH 4 + ​ ( a q ) + OH − ( a q ) pH larutan awal adalah 10,00, pOH larutannya: pOH = 14 − pH pOH = 14 − 10 pOH = 4 Untuk menurunkan pH larutan, pOH larutan harus diperbesar, berarti rasio [ NH 4 + ​ ] [ NH 3 ​ ] ​ harus diperkecil. Agar rasio [ NH 4 + ​ ] [ NH 3 ​ ] ​ berkurang, konsentrasi NH 3 ​ harus diperkecil dan konsentrasi NH 4 ​ Cl harus diperbesar. Untuk melakukan hal tersebut kesetimbangan harus bergeser ke arah NH 4 ​ Cl . Agar kesetimbangan bergeser ke arah NH 4 ​ Cl konsentrasi NH 3 ​ harus ditambah. Menurut prinsip Le Chatelier ketika konsentrasi komponen pada sistem kesetimbangan ditambah, kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan dari komponen tersebut, sedangkan ketika konsentrasi komponen dikurangi, kesetimbangan akan bergeser ke arah komponen tersebut. Jadi untuk menurunkan pH larutan, konsentrasi NH 3 ​ harus ditambah dengan cara penambahan NH 3 ​ . Jawabannya B.

Berikut adalah sistem kesetimbangan dalam larutan penyangga yang dibuat dari  dan :

pH larutan awal adalah 10,00, pOH larutannya:

Untuk menurunkan pH larutan, pOH larutan harus diperbesar, berarti rasio  harus diperkecil. Agar rasio  berkurang, konsentrasi  harus diperkecil dan konsentrasi  harus diperbesar. Untuk melakukan hal tersebut kesetimbangan harus bergeser ke arah . Agar kesetimbangan bergeser ke arah  konsentrasi  harus ditambah. Menurut prinsip Le Chatelier ketika konsentrasi komponen pada sistem kesetimbangan ditambah, kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan dari komponen tersebut, sedangkan ketika konsentrasi komponen dikurangi, kesetimbangan akan bergeser ke arah komponen tersebut. Jadi untuk menurunkan pH larutan, konsentrasi  harus ditambah dengan cara penambahan .

Jawabannya B.space

1rb+

Hafizh Anshori

Makasih ❤️

Anita Nova Ramadhani

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebanyak 200 mLlarutan penyangga mengandung NH 3 ​ dan NH 4 ​ Cl masing-masing 0,05 M. Tentukan pH larutan setelah ditambah 2 mL NaOH 0,05 M! ( K b ​ NH 3 ​ = 1 ⋅ 1 0 − 5 )

946

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia