Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lambang △ digunakan untuk menggambarkan besarnya selisih suatu besaran dengan nilai tertentu. Misalnya, △ H = H akhir ​ − H awal ​ . Mengapa tanda △ H berubah jika arah reaksi kimia dibalik, tetapi nilai tetap sama?

Lambang digunakan untuk menggambarkan besarnya selisih suatu besaran dengan nilai tertentu. Misalnya, .

Mengapa tanda berubah jika arah reaksi kimia dibalik, tetapi nilai increment H tetap sama?

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perubahan entalpi ( ) didefinisikan sebagai jumlah panas yang dipindahkan ke dalam atau ke luar sistem yang mengalami perubahan kimia atau fisika pada tekanan tetap, sehingga perubahan entalpi ( ) dapat didefinisikan dengan persamaan: atau dapat bernilai negatif (untuk reaksi eksotermis) atau positif (untuk reaksi endotermis). Tanda perubahan entalpi ( ) dapat berubah jika reaksi dibalik. Misalkan dari reaksi endoterm ( = +) diubah menjadi reaksi eksoterm ( = –). Pembalikan tanda menunjukkan arah reaksi yang berlawanan dengan arah reaksi awal. Contoh : Maka,tanda berubah jika arah reaksi kimia dibalik, tetapi nilai tetap sama karena besarnya selisih sama, tetapi arah reaksi berbeda .

Perubahan entalpi (increment H) didefinisikan sebagai jumlah panas yang dipindahkan ke dalam atau ke luar sistem yang mengalami perubahan kimia atau fisika pada tekanan tetap, sehingga perubahan entalpi (increment H) dapat didefinisikan dengan persamaan:

increment H double bond H subscript akhir bond H subscript awal atau increment H double bond H subscript produk bond H subscript reaktan

increment H dapat bernilai negatif (untuk reaksi eksotermis) atau positif (untuk reaksi endotermis).

Tanda perubahan entalpi (increment H) dapat berubah jika reaksi dibalik. Misalkan dari reaksi endoterm (increment H = +) diubah menjadi reaksi eksoterm (increment H = –). Pembalikan tanda menunjukkan arah reaksi yang berlawanan dengan arah reaksi awal.

Contoh :

A and B yields C space increment H equals plus x space kJ

C yields A and B space increment H equals minus sign x space kJ

Maka, tanda increment H berubah jika arah reaksi kimia dibalik, tetapi nilai increment H tetap sama karena besarnya selisih sama, tetapi arah reaksi berbeda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di dalam gelas kimia direaksikan amonium klorida padat dengan barium hidroksida padat sehingga dihasilkan barium klorida, air, dan gas amonia. Pada reaksi tersebut ternyata suhu sistem turun dari 2 5 ...

28

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia