Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di dalam gelas kimia direaksikan amonium klorida padat dengan barium hidroksida padat sehingga dihasilkan barium klorida, air, dan gas amonia. Pada reaksi tersebut ternyata suhu sistem turun dari 2 5 ∘ C menjadi 1 2 ∘ C . Dari fakta tersebut: Bagaimana nilai perubahan entalpinya?

Di dalam gelas kimia direaksikan amonium klorida padat dengan barium hidroksida padat sehingga dihasilkan barium klorida, air, dan gas amonia. Pada reaksi tersebut ternyata suhu sistem turun dari  menjadi . Dari fakta tersebut:

Bagaimana nilai perubahan entalpinya? 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada reaksi tersebut diketahui bahwa suhu sistem turun, sehingga reaksi tersebut termasuk reaksi endoterm. Reaksi endoterm adalah reaksi yang membutuhkan atau menyerap energi panas dari lingkungannya. Adanya penyerapan kalor akan mengakibatkan energi sistem naik. Entalpi hasil reaksi menjadi lebih tinggi daripada entalpi awal, sehingga perubahan entalpi sistem bernilai positif .

Pada reaksi tersebut diketahui bahwa suhu sistem turun, sehingga reaksi tersebut termasuk reaksi endoterm. Reaksi endoterm adalah reaksi yang membutuhkan atau menyerap energi panas dari lingkungannya. Adanya penyerapan kalor akan mengakibatkan energi sistem naik. Entalpi hasil reaksi menjadi lebih tinggi daripada entalpi awal, sehingga perubahan entalpi sistem bernilai positif begin mathsize 14px style left parenthesis increment H equals plus right parenthesis end style.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

YUMITA AMELIA AZ ZAHRA

Bantu banget

Rafi Nurbilal

Makasih ❤️

Dzelira Dwifahari

Makasih ❤️

Raissa Farassa RPA

Pertanyaan tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui bahwa △ E untuk pembakaran etanol berdasarkan reaksi di bawah ini adalah –1.364,6 kJ/mol etanol. C 2 ​ H 5 ​ OH ( l ) + 3 O 2 ​ ( g ) → 2 CO 2 ​ ( g ) + 3 H 2 ​ O ( l ) Dengan mengguna...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia