Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan tentang:

a. entalpi standar;

b. perubahan entalpi standar;

c. reaksi eksoterm;

d. reaksi endoterm;

e. energi ikatan.space

I. Yassa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penjelasannya seperti dijelaskan di atas.

Pembahasan

a. Entalpi standar adalah besarnya jumlah energi suatu sistem pada kondisi tekanan tetap. Entalpi standar dilambangkan dengan H.

b. Perubahan entalpi standar adalah perubahan entalpi standar yang diukur pada kondisi suhu 25 °C tekanan 1 atmosfer. Perubahan entalpi standar terbagi menjadi perubahan entalpi standar pembentukan (increment H subscript italic f degree), perubahan entalpi standar penguraian (increment H subscript italic d degree), perubahan entalpi standar pembakaran (increment H subscript italic c degree), perubahan entalpi standar netralisasi (increment H subscript italic n degree), perubahan entalpi standar penguapan (increment H subscript italic v degree), perubahan entalpi pencairan (increment H subscript italic l degree).

c. Reaksi eksoterm adalah reaksi yang memiliki increment H bernilai negatif. Harga negatif menyatakan bahwa reaksi membebaskan panas dari sistem ke lingkungan karena entalpi standar zat-zat yang bereaksi lebih besar dari entalpi standar zat-zat hasil reaksi. Reaksi eksoterm dapat diamati dengan naiknya suhu reaksi.

d. Reaksi endoterm adalah reaksi yang memiliki increment H bernilai positif. Harga positif menyatakan bahwa reaksi memerlukan panas (dari lingkungan ke sistem) karena entalpi standar zat-zat yang bereaksi lebih kecil dari entalpi standar zat-zat hasil reaksi. Reaksi endoterm dapat diamati dengan turunnya suhu reaksi.

e. Energi ikatan adalah energi yang diperlukan untuk memutuskan ikatan kimia dalam 1 mol suatu senyawa menjadi atom-atom gasnya pada wujud gas pada keadaan standar.


Jadi, penjelasannya seperti dijelaskan di atas.

54

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kelompokkan reaksi-reaksi berikut berdasarkan perubahan entalpinya!   a.2C(s)+H2​(g)→C2​H2​(g)−225kJb.N2​O4​(g)→2NO2​(g)−58kJc.HCl(aq)+NaOH(aq)→NaCl(aq)+H2​O(l)+56kJd.S(s)+O2​(g)→SO2​(g)+306kJe.N2​(g...

508

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia