Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    Buaya melihat Bebek yang juga sedang berenang di sungai. Bebek tahu bahwa dia sedang diawasi oleh Buaya, dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur, Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebek tertangkap.
    "Ampun Buaya, tolong jangan mangsa aku, dagingku sedikit, kenapa kamu tidak memangsa kambing saja di dalam hutan," ucapnya seraya menangis ketakutan.
    "Baik, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian Kambing itu," perintah Buaya dengan menunjukkan taring yang sangat tajam.
    Berada tidak jauh dari tempat itu ada lapangan hijau tempat kambing mencari makan. Benar saja di sana ada banyak kambing yang sedang lahap memakan rumput.
    "Pergi sana, aku mau memangsa Kambing saja!" Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.space 

Bagaimana pesan yang terkandung dalam teks tersebut?

Bagaimana pesan yang terkandung dalam teks tersebut?space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pesan yang terkandung dari kutipan fabel di atas adalahjangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri.

pesan yang terkandung dari kutipan fabel di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia, namun bertokohkan hewan/binatang. Unsur intrinsik fabel meliputi: Tema.Tema merupakan gagasan utama dalam suatu cerita. Tokoh dan penokohan.Tokoh dalam fabel berupa binatang. Tokoh ini diberi citraan (penokohan) sebagai binatang yang berperilaku seperti manusia Latar.Latar di dalam fabel dibagi menjadi tiga yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Alur.Alur merupakan jalan cerita atau urutan suatu peristiwa yang diceritakan di dalam sebuah cerita. Alur dibagi menjadi empat yaitu alur maju, mundur, campuran, dan sorot balik. Namun, biasanya fabel itu menggunakan alur maju atau urutannya dari awal cerita hingga akhir cerita. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara yang digunakan pengarang untuk bercerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama, pengarang terlibat dalam cerita tersebut. Sudut pandang orang ketiga, pengarang tidak terlibat dalam cerita tersebut. Amanat.Amanat adalah pesan moral yang terdapat pada suatu cerita. Untuk menentukan pesan cerita dapat dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri pesan sebagai berikut: Pesanberisi saran, ajakan, atau imbauan. Untuk hal-hal yang baik, pembaca diajak/diimbau untuk melakukan (biasanya ditandai dengan kata kerja berpartikel –lah). Misalnya, pedulilah, bantulah, dsb. Untuk hal-hal negatif, pembaca diimbau untuk tidak melakukan (biasanya ditandai dengan penggunaan kata jangan). Pesan yang terkandung dalam cerita di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri . Simpulan pesan ini berdasarkan keseluruhan cerita, terutama kalimat "Pergi sana, aku mau memangsa Kambing saja!" Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh. Dengan demikian, pesan yang terkandung dari kutipan fabel di atas adalahjangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri.

Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia, namun bertokohkan hewan/binatang.

Unsur intrinsik fabel meliputi:

  1. Tema. Tema merupakan gagasan utama dalam suatu cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh dalam fabel berupa binatang. Tokoh ini diberi citraan (penokohan) sebagai binatang yang berperilaku seperti manusia
  3. Latar. Latar di dalam fabel dibagi menjadi tiga yaitu latar waktu, tempat, dan suasana.
  4. Alur. Alur merupakan jalan cerita atau urutan suatu peristiwa yang diceritakan di dalam sebuah cerita. Alur dibagi menjadi empat yaitu alur maju, mundur, campuran, dan sorot balik. Namun,  biasanya fabel itu menggunakan alur maju atau urutannya dari awal cerita hingga akhir cerita.
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara yang digunakan pengarang untuk bercerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama, pengarang terlibat dalam cerita tersebut. Sudut pandang orang ketiga, pengarang tidak terlibat dalam cerita tersebut.
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang terdapat pada suatu cerita.

Untuk menentukan pesan cerita dapat dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri pesan sebagai berikut:

  1. Pesan berisi saran, ajakan, atau imbauan.
  2. Untuk hal-hal yang baik, pembaca diajak/diimbau untuk melakukan (biasanya ditandai dengan kata kerja berpartikel –lah). Misalnya, pedulilah, bantulah, dsb.
  3. Untuk hal-hal negatif, pembaca diimbau untuk tidak melakukan (biasanya ditandai dengan penggunaan kata jangan).

Pesan yang terkandung dalam cerita di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri. Simpulan pesan ini berdasarkan keseluruhan cerita, terutama kalimat  "Pergi sana, aku mau memangsa Kambing saja!" Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.

Dengan demikian, pesan yang terkandung dari kutipan fabel di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri.space 

Latihan Bab

Mengenal Fabel dan Legenda

Intrinsik Fabel dan Legenda

Kebahasaan Fabel dan Legenda

Menganalisis Fabel dan Legenda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

712

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan cerita di atas, jelaskan pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut!

138

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia