Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal.


Senja memerah. Langit sajikan semburat jingga yang berkobar di batas horison. Sesaat lagi, malam akan menebarkan keremangan yang membaur bersama napas kesunyian. Perlahan, alam mulai melepaskan diri dari jeratan hari. Seakan jemu menimbun Ielah, bumi mulai meredupkan kehidupan. Aroma sepi mulai menyebar ke setiap celah udara.space 

Jika dilihat dari struktur, termasuk bagian apakah kutipan tekscerpen tersebut? Jelaskan alasanmu.

Jika dilihat dari struktur, termasuk bagian apakah kutipan teks cerpen tersebut? Jelaskan alasanmu.space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu jenis karya sastra yang bentuknya itu prosa fiksi. Berbedadengan novel, cerita di dalam cerpen cenderung lebih padat dan biasanya tidak memiliki banyak tokoh. Struktur teks cerita pendek terdiri atas orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. 1) Struktur orientasi adalah bagian yang mengandung penentuan peristiwa, penciptaan gambaran visual latar tempat, latar suasana, waktu kisah, pengenalan karakter, dan arah menuju komplikasi. 2) Struktur komplikasi , cerita bergerak menuju konflik (pertentangan yang salah) atau puncak masalah yang memengaruhi latar waktu dan karakter. 3)struktur evaluasi , yaitu bagian yang menyatakan komentar pengarang atas peristiwa puncak yang telah diceritakannya. 4) Struktur resolusi yang berisi solusi masalah, yakni bagaimana pengarang mengakhiri cerita. Di samping itu, dalam beberapa cerpen juga terkandung struktur koda. 5) Koda merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita Jika dilihat dari struktur, bagian dari Cerpen tersebut merupakan bagian orientasi . Kutipan Cerpen tersebut meunjukkan bahwa penulis sedang menciptakangambaran visual latar suasana berupa kutipan "Senja memerah. Langit sajikan semburat jingga yang berkobar dibatas horison". Latarwaktu kisah juga digambarkan melalui kutipan "Sesaat lagi, malam akan menebarkan keremanganyang membaur bersama napas kesunyia".

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu jenis karya sastra yang bentuknya itu prosa fiksi. Berbeda dengan novel, cerita di dalam cerpen cenderung lebih padat dan biasanya tidak memiliki banyak tokoh. 

Struktur teks cerita pendek terdiri atas orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

1) Struktur orientasi adalah bagian yang mengandung penentuan peristiwa, penciptaan gambaran visual latar tempat, latar suasana,  waktu kisah, pengenalan karakter, dan arah menuju komplikasi.
2) Struktur komplikasi, cerita bergerak menuju konflik (pertentangan yang salah) atau puncak masalah yang memengaruhi  latar  waktu dan karakter.
3) struktur evaluasi, yaitu bagian yang menyatakan komentar pengarang atas peristiwa puncak yang telah diceritakannya.
4) Struktur resolusi yang berisi solusi masalah, yakni bagaimana pengarang mengakhiri cerita. Di samping itu, dalam beberapa cerpen juga terkandung struktur koda.
5) Koda merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita

Jika dilihat dari struktur, bagian dari Cerpen tersebut merupakan bagian orientasi. Kutipan Cerpen tersebut meunjukkan bahwa penulis sedang menciptakan gambaran visual latar suasana berupa kutipan "Senja memerah. Langit sajikan semburat jingga yang berkobar di batas horison". Latar waktu kisah juga digambarkan melalui kutipan "Sesaat lagi, malam akan menebarkan keremangan yang membaur bersama napas kesunyia".space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Syifa Aulia

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

Hosana haloho

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia