Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah cerpen di bawah ini untuk menjawab soal nomor 37 s.d. 40!


(1) Di pasar tradisional yang sedikit becek itu, Nas berjalan mencari barang yang ingin dibelinya. (2) Tengok kanan dan kiri, lalu memandangi sepatu-sepatu yang dipajang para penjual. (3) Ia pun berhenti ketika ada yang menarik matanya. Ia amati dari jejeran atas hingga bawah. (4) Tapi dirasa, harganya tidak sesuai dengan uang yang ia punya. (5) Uang dari hasil upah Ioper koran yang dikumpulkannya selama beberapa minggu.space 

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk dalam bagian ....

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk dalam bagian ....space 

  1. orientasispace 

  2. komplikasispace 

  3. resolusispace 

  4. kodaspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Iklan

Pembahasan

Struktur teks cerita pendek adalah sebagai berikut. Abstrak Abstrak yakni dapat memberikan gambaran umum tentang semua situasi, peristiwa, dan berbagai elemen cerita lainnya. Pada titik ini, ide-ide kasar penulis biasanya ditimpa, akan tetapi tidak ada awal yang konkret. Orientasi Bagian ini memperkenalkan pengaturan atau setting cerita dalam hal waktu, ruang, dan peristiwa. Orientasi juga dapat memulai tanda-tanda pengantar, mengatur adegan yang berbeda dan menjelaskan hubungan dengan antar tokoh. Komplikasi Bagian ini menjelaskan bagaimana penyebab dan dampak konflik muncul di antara para manajer. Biasanya, komplikasi juga mulai membentuk, mengubah, atau menunjukkan karakter asli ketika orientasi karakter sebenarnya tidak dalam karakter. Resolusi Bagian tersebut yakni telah berisi penjelasan dan evaluasi akhir dari cerita tentang sikap atau variasi nasib yang dialami karakter atau berupa penurunan konfik cerita. Koda Koda merupakan sebuah sampul atau akhir dari keseluruhan cerita. Koda dapat menarik kesimpulan dari keseluruhan cerita dan juga dari interpretasi penulis tentang cerita yang diceritakan. Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk pada bagian komplikasi karena teks di atas berisi paparan cerita yang menjelaskan peristiwa atau penyebab munculnya konflik sampai terjadinya konflik cerita. Pada cerita di atas, konflik mulai muncul saat Nas mencari barang yang akan dibeli tetapiharganya tidak sesuai dengan uang yang dimilikinya. Hal tersebut dapat dilihat dari kalimat berikut. (3) Ia pun berhenti ketika ada yang menarik matanya. Ia amati dari jejeran atas hingga bawah. (4) Tapi dirasa, harganya tidak sesuai dengan uang yang ia punya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Struktur teks cerita pendek adalah sebagai berikut.

  • Abstrak

Abstrak yakni dapat memberikan gambaran umum tentang semua situasi, peristiwa, dan berbagai elemen cerita lainnya. Pada titik ini, ide-ide kasar penulis biasanya ditimpa, akan tetapi tidak ada awal yang konkret.

  • Orientasi

Bagian ini memperkenalkan pengaturan atau setting cerita dalam hal waktu, ruang, dan peristiwa. Orientasi juga dapat memulai tanda-tanda pengantar, mengatur adegan yang berbeda dan menjelaskan hubungan dengan antar tokoh.

  • Komplikasi

Bagian ini menjelaskan bagaimana penyebab dan dampak konflik muncul di antara para manajer. Biasanya, komplikasi juga mulai membentuk, mengubah, atau menunjukkan karakter asli ketika orientasi karakter sebenarnya tidak dalam karakter.

  • Resolusi

Bagian tersebut yakni telah berisi penjelasan dan evaluasi akhir dari cerita tentang sikap atau variasi nasib yang dialami karakter atau berupa penurunan konfik cerita.

  • Koda

Koda merupakan sebuah sampul atau akhir dari keseluruhan cerita. Koda dapat menarik kesimpulan dari keseluruhan cerita dan juga dari interpretasi penulis tentang cerita yang diceritakan.

Berdasarkan struktur cerpen, kutipan di atas termasuk pada bagian komplikasi karena teks di atas berisi paparan cerita yang menjelaskan peristiwa atau penyebab munculnya konflik sampai terjadinya konflik cerita. Pada cerita di atas, konflik mulai muncul saat Nas mencari barang yang akan dibeli tetapi harganya tidak sesuai dengan uang yang dimilikinya.

Hal tersebut dapat dilihat dari kalimat berikut.

(3) Ia pun berhenti ketika ada yang menarik matanya. Ia amati dari jejeran atas hingga bawah. (4) Tapi dirasa, harganya tidak sesuai dengan uang yang ia punya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia