Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!


Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk. Untuk duduk atau mengenakan sepatu, aku harus dibantu ayah atau ibuku. Bukan karena aku manja, tetapi karena memang aku sulit untuk menekuk tubuhku lantaran terganjal perutku yang buncit. Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai. Sudah kucoba berbagai jenis olahraga, mulai renang dan fitnes di tempat fitnes atau di rumah, namun semuanya tidak bertahan lama. Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat sangat aku sukai, yaitu bermain sepatu roda. Sungguh, sehari saja aku tidak menyentuh sepatu roda, rasanya kakiku gatal.space 

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ....

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ....space 

  1. Eksposisispace 

  2. Persuasispace 

  3. Narasispace 

  4. Deskripsispace 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Iklan

Pembahasan

Teks narasi adalah jenis teks yang berisi cerita yandisusun secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu. Beberapa contoh teks narasi adalah cerpen, dongeng, fabel, dan lain-lain. Paragraf tersebut menceritakan tokoh aku saat kecil yang bertubuh gemuk. Dokter keluarga menyarankan agar tokoh aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling disukai. Akhirnya, dia menemukan olahraga yang amat sangat dia sukai, yaitu bermain sepatu roda. Pada paragraf tersebut terdapat kalimat: “Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk.” “Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai.” Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat sangat aku sukai, yaitu bermain sepatu roda. Alur cerita pada paragraf tersebut disampaikan melalui alur peristiwa yang disusun secara kronologis atau kausalitas atau sebab-akibat. Hal ini dapat dilihat karena menceritakan tokoh aku saat kecil yang bertubuh gemuk kemudian dokter menyarankan untuk berolahraga hingga akhirnya tokoh aku menemukan olahraga yang dia sukai. Hal ini sesuai dengan pengertian dan ciri paragraf narasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Teks narasi adalah jenis teks yang berisi cerita yan disusun secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu. Beberapa contoh teks narasi adalah cerpen, dongeng, fabel, dan lain-lain.

Paragraf tersebut menceritakan tokoh aku saat kecil yang bertubuh gemuk. Dokter keluarga menyarankan agar tokoh aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling disukai. Akhirnya, dia menemukan olahraga yang amat sangat dia sukai, yaitu bermain sepatu roda.

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat:

  • “Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk.”
  • “Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai.”
  • Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat sangat aku sukai, yaitu bermain sepatu roda.

Alur cerita pada paragraf tersebut disampaikan melalui alur peristiwa yang disusun secara kronologis atau kausalitas atau sebab-akibat. Hal ini dapat dilihat karena menceritakan tokoh aku saat kecil yang bertubuh gemuk kemudian dokter menyarankan untuk berolahraga hingga akhirnya tokoh aku menemukan olahraga yang dia sukai. Hal ini sesuai dengan pengertian dan ciri paragraf narasi.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks tersebut termasuk struktur teks bagian ....

13

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia