Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dengan gemetar, diambilnya kertas itu dari atas meja. Lega rasanya begitu melihat bahwa kertas itu benar-benar soal ulangan matematika. Rasa takut kembali muncul di hatinya. "Pengecut, pengecut!" Mengingat kata Dani itu, Arya menjadi nekat membawa kertas itu keluar. Secepat kilat ia lari ke ruang TV menelepon Dani. "Hebat!" teriak Dani. Arya lalu membacakan soal matematika dan Dani mencatatnya. Cuplikan cerpen di atas merupakan bagian dari ....

    Dengan gemetar, diambilnya kertas itu dari atas meja. Lega rasanya begitu melihat bahwa kertas itu benar-benar soal ulangan matematika. Rasa takut kembali muncul di hatinya.

    "Pengecut, pengecut!" Mengingat kata Dani itu, Arya menjadi nekat membawa kertas itu keluar. Secepat kilat ia lari ke ruang TV menelepon Dani.

    "Hebat!" teriak Dani. Arya lalu membacakan soal matematika dan Dani mencatatnya. 
 

Cuplikan cerpen di atas merupakan bagian dari ....space

  1. kodaspace

  2. komplikasispaceundefined

  3. orientasispace undefined

  4. resolusispace 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.Teks cerita pendek berbentuk narasi. Oleh karena itu, sebagaimana teks sejenisnya, cerita pendek dibentuk oleh bagian-bagian berikut: Orientasi: Berisi pengenalan tokoh. latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya. Dalam teks cerita pendek, umumnya penulis langsung mengenalkan masalah yang dialami tokoh utamanya. Komplikasi: Berupacerita yang berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama. Akibat itu dapat berupa konflik atau pertentangan pada diri tokoh itu sendiri (konflik sendiri) ataupun reaksi dari tokoh lain. Resolusi: Menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh. Di samping itu, mungkin pulamungkin pula di dalam sebuah cerpen terdapat abstrak dan koda. Abstrak merupakan pengantar cerita oleh pengarang tentang cerpen yang disampaikannya. Abstrak berisi bagian akhir dari suatu cerita, biasanya berupa komentar dari pengarang atas seluruh rangkaian peristiwa yang disampaikan sebelumnya. Koda , merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita. Pada kutipan cerpen terdapat kalimat: Dengan gemetar, diambilnya kertas itu dari atas meja. Rasa takut kembali muncul di hatinya. "Pengecut, pengecut!" Mengingat kata Dani itu, Arya menjadi nekat membawa kertas itu keluar. Kedua kalimat tersebut menunjukkankonflik atau pertentangan pada diri tokoh Aryasaat mengambil soal ulangan Matematika dari atas meja. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Teks cerita pendek berbentuk narasi.

Oleh karena itu, sebagaimana teks sejenisnya, cerita pendek dibentuk oleh bagian-bagian berikut:

  • Orientasi: Berisi pengenalan tokoh. latar, ataupun unsur-unsur cerita lainnya. Dalam teks cerita pendek, umumnya penulis langsung mengenalkan masalah yang dialami tokoh utamanya.
  • Komplikasi: Berupa cerita yang berisi akibat dari adanya masalah yang dialami tokoh utama. Akibat itu dapat berupa konflik atau pertentangan pada diri tokoh itu sendiri (konflik sendiri) ataupun reaksi dari tokoh lain.
  • Resolusi: Menceritakan penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh.

Di samping itu, mungkin pula mungkin pula di dalam sebuah cerpen terdapat abstrak dan koda.

  • Abstrak merupakan pengantar cerita oleh pengarang tentang cerpen yang disampaikannya. Abstrak berisi bagian akhir dari suatu cerita, biasanya berupa komentar dari pengarang atas seluruh rangkaian peristiwa yang disampaikan sebelumnya.
  • Koda, merupakan kata-kata penutup oleh pengarang setelah cerita yang disampaikannya tuntas. Koda dapat pula berperan sebagai suatu simpulan atas isi suatu cerita.

Pada kutipan cerpen terdapat kalimat:

  • Dengan gemetar, diambilnya kertas itu dari atas meja.
  • Rasa takut kembali muncul di hatinya.
  • "Pengecut, pengecut!" Mengingat kata Dani itu, Arya menjadi nekat membawa kertas itu keluar.

Kedua kalimat tersebut menunjukkan konflik atau pertentangan pada diri tokoh Arya saat mengambil soal ulangan Matematika dari atas meja.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Lisa Luh Titi Sari

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ....

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia