Cermatilah teks berikut!     Dalam memasuki era baru perpajakan, dibutuhkan perubahan paradigma seluruh elemen bangsa, termasuk para pejabat negara, pegawai, pegawai sektor keuangan, penegak hukum, dan masyarakat wajib pajak. Sebagai inisiatif global, AEOI (Automatic Exchange of Information) menuntut perubahan corak keterbukaan domestik agar penggalian potensi pajak lebih optimal dan perbankan dalam negeri tidak justru menjadi tempat persembunyian baru bagi wajib pajak dalam negeri. Era keterbukaan ini adalah cara efektif meningkatkan penerimaan pajak dengan menegakkan prinsip ability to pay, yakni yang telah mampu akan membayar lebih besar. Sistem perpajakan harus mampu mendeteksi siapa memiliki apa (who own what) sebagai basis pemajakan yang adil. (Sumber: Koran Kompas, 7 Maret 2017) Kesimpulan paragraf di atas adalah .... (UTUL UGM 2017)

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut!

    Dalam memasuki era baru perpajakan, dibutuhkan perubahan paradigma seluruh elemen bangsa, termasuk para pejabat negara, pegawai, pegawai sektor keuangan, penegak hukum, dan masyarakat wajib pajak. Sebagai inisiatif global, AEOI (Automatic Exchange of Information) menuntut perubahan corak keterbukaan domestik agar penggalian potensi pajak lebih optimal dan perbankan dalam negeri tidak justru menjadi tempat persembunyian baru bagi wajib pajak dalam negeri. Era keterbukaan ini adalah cara efektif meningkatkan penerimaan pajak dengan menegakkan prinsip ability to pay, yakni yang telah mampu akan membayar lebih besar. Sistem perpajakan harus mampu mendeteksi siapa memiliki apa (who own what) sebagai basis pemajakan yang adil.

(Sumber: Koran Kompas, 7 Maret 2017)


Kesimpulan paragraf di atas adalah .... (UTUL UGM 2017)undefined 

  1. perubahan paradigma perpajakanundefined 

  2. perubahan corak keterbukaanundefined 

  3. optimalisasi potensi pajakundefined 

  4. efektivitas penerimaanundefined 

  5. pemajakan yang berkeadilanundefined 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Kesimpulan atau simpulan adalah kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang didasarkan pada uraian sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menemukan kesimpulan yang tepat, pembaca harus memahami keseluruhan isi teks.

Teks di atas membahas mengenai era baru perpajakan yang membutuhkan perubahan paradigma. Berdasarkan isinya, kesimpulan teks di atas adalah perubahan paradigma perpajakan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

82

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks berikut!     (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertaimen musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan...

108

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia