Cermatilah teks berikut!     (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertaimen musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan sudah tidak dapat terlepas dari negara tersebut. (3) Populernya budaya tersebut menjadi topik yan sering diperbincangkan belakangan ini. (4) Indonesia menjadi salah satu negara yang terpengaruh sangat besar oleh budaya K-pop. (5) Itu dapat ditunjukan dengan banyaknya boy band dan girl band yang meniru boy band dan girl band Korea. (6) Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan budaya di Indonesia, karena anak mudanya lebih tertarik mempelajari budaya negara lain dibandingkan dengan budaya negara sendiri sedikit demi sedikit terkikis, karena pengaruh budaya negara lain (K-pop).     (8) Dengan memvirusnya budaya K-pop di Indonesia, menjadikan negara kita negara yang tidak mempunyai identitas yang jelas. (9) Kenapa tidak, negara kita ini adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. (10) Karena K-pop memang menjadi salah satu senjata negara Korea Selatan untuk menyebarkan budaya dan paham mereka serta bisa dikatakan imperialisme budaya. (11) Imperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin menggurita. (12) Bahkan, negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media massa. (13) Sementara itu, negara-negara berkembang akan sangat rentan terpengaruh, termasuk negara Indonesia. Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks? (SBMPTN 2016)

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut!

    (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertaimen musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan sudah tidak dapat terlepas dari negara tersebut. (3) Populernya budaya tersebut menjadi topik yan sering diperbincangkan belakangan ini. (4) Indonesia menjadi salah satu negara yang terpengaruh sangat besar oleh budaya K-pop. (5) Itu dapat ditunjukan dengan banyaknya boy band dan girl band yang meniru boy band dan girl band Korea. (6) Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan budaya di Indonesia, karena anak mudanya lebih tertarik mempelajari budaya negara lain dibandingkan dengan budaya negara sendiri sedikit demi sedikit terkikis, karena pengaruh budaya negara lain (K-pop).

    (8) Dengan memvirusnya budaya K-pop di Indonesia, menjadikan negara kita negara yang tidak mempunyai identitas yang jelas. (9) Kenapa tidak, negara kita ini adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. (10) Karena K-pop memang menjadi salah satu senjata negara Korea Selatan untuk menyebarkan budaya dan paham mereka serta bisa dikatakan imperialisme budaya. (11) Imperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin menggurita. (12) Bahkan, negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media massa. (13) Sementara itu, negara-negara berkembang akan sangat rentan terpengaruh, termasuk negara Indonesia.


Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks? (SBMPTN 2016)undefined  

  1. Korea menjadikan K-pop sebagai senjata imperialisme budaya.undefined  

  2. Budaya negara maju menimbulkan efek negatif negara berkembang.undefined  

  3. Budaya negara maju menyebar melalui arus globalisasi.undefined  

  4. Media massa menjadi alat imperialisme budaya negara maju.undefined  

  5. Globalisasi menyebar melalui teknologi informasi.undefined  

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Untuk menemukan pernyataan yang tidak sesuai dengan teks, pembaca perlu membaca dan memahami isi teks. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks adalah globalisasi menyebar melalui teknologi informasi yang terdapat pada pilihan jawaban E. Pernyataan tersebut tidak dibahas di dalam teks. 

  • Pernyataan pada pilihan jawaban A sesuai dengan maksud kalimat (10).
  • Pernyataan pada pilihan jawaban B sesuai dengan maksud kalimat (13).
  • Pernyataan pada pilihan jawaban C sesuai dengan maksud kalimat (11).
  • Pernyataan pada pilihan jawaban D sesuai dengan maksud kalimat (12). undefined  

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

106

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks berikut!     (1) Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 membuka peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui integrasi ekonomi dan keu...

35

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia