Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca. (2) Penurunan emisi bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. (3) Sesuai dengan Kesepakatan Paris, setiap negara berkomitmen menjaga kenaikan suhu global tetap di bawah dua derajat dibanding dengan masa praindustri. (4) Sepanjang 2016 ada banyak kebijakan dan langkah operasional Indonesia yang berdampak langsung pada penurunan emisi, seperti moratorium dan restorasi gambut, pengendalian kebakaran hutan, dan pencegahan deforestasi yang semuanya memiliki indikator yang jelas sehingga terukur dan bisa dipantau dan diverifikasi. (5) Apakah kita akan membiarkan pembakaran hutan yang berlangsung setiap tahun? (6) Kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain, melainkan amanat dari peraturan perundang-undangan untuk menyejahterakan rakyat. Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks tersebut? (SBMPTN 2017)

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


(1) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca. (2) Penurunan emisi bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. (3) Sesuai dengan Kesepakatan Paris, setiap negara berkomitmen menjaga kenaikan suhu global tetap di bawah dua derajat dibanding dengan masa praindustri. (4) Sepanjang 2016 ada banyak kebijakan dan langkah operasional Indonesia yang berdampak langsung pada penurunan emisi, seperti moratorium dan restorasi gambut, pengendalian kebakaran hutan, dan pencegahan deforestasi yang semuanya memiliki indikator yang jelas sehingga terukur dan bisa dipantau dan diverifikasi. (5) Apakah kita akan membiarkan pembakaran hutan yang berlangsung setiap tahun? (6) Kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain, melainkan amanat dari peraturan perundang-undangan untuk menyejahterakan rakyat.


Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks tersebut?

(SBMPTN 2017)

  1. Tujuan penurunan emisi adalah untuk kesejahteraan masyarakat.undefined 

  2. Pemerintah serius mengupayakan penurunan emisi gas rumah kaca.undefined 

  3. Penurunan emisi di Indonesia barulah untuk kepentingan asing.undefined 

  4. Contoh kebijakan dan langkah konkret pemerintah antara lain adalah moratorium dan restorasi gambut.undefined 

  5. Kebijakan penurunan emisi bertujuan untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan.undefined 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks adalah pernyataan "Penurunan emisi di Indonesia barulah untuk kepentingan asing". Pada kalimat (2), disebutkan bahwa tujuan penurunan emisi adalah untuk kesejahteraan rakyat. Hal tersebut juga ditegaskan kembali pada kalimat (6) yang menyebut bahwa kebijakan penurunan emisi di Indonesia bukan untuk menyenangkan negara lain. Jadi, penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk kepentingan asing.

  • Pernyataan A sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (2), yakni Penurunan emisi bertujuan untuk kesejahteraan rakyat.
  • Pernyataan B sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (1), yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.
  • Pernyataan D sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (4). Pada kalimat tersebut, disebutkan bahwa ada kebijakan dan langkah operasional pemerintah yang berdampak langsung (artinya merupakan kebijakan yang konkret) pada penurunan emisi, contohnya moratorium dan restorasi gambut.
  • Pilihan E sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (6), yakni Kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain, melainkan amanat dari peraturan perundang-undangan untuk menyejahterakan rakyat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

169

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!     (1) Prasangka tentang manusia Neanderthal mengalami perubahan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report pada akhir Agustus 2017. (2) Selama i...

65

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia