Cermatilah teks berikut!     (1) Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 membuka peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui integrasi ekonomi dan keuangan di kawasan. (2) Luasnya wilayah Indonesia dengan komoditas unggulan ekspor yang relatif bervariasi antarprovinsi membuka peluang peningkatan diversifikasi ekspor Indonesia, baik dalam rangka meningkatkan ekspor ke kawasan ASEAN, Asia lainnya, maupun dunia. (3) Secara spesifik, ekspor Indonesia ditentukan oleh kinerja ekonomi dan perdagangan provinsi. (4) Perdagangan internasional di suatu negara dapat dibangun oleh perdagangan dari setiap provinsi.     (5) Unggulan ekspor yang relatif bervariasi antarprovinsi dapat didayagunakan untuk memacu pertumbuhan ekspornya. (6) Hingga saat ini, provinsi yang paling dominan melakukan kegiatan ekspor adalah Jawa Barat diikuti Riau, Jawa Timur, dan Jakarta. (7) Sebanyak 26,2% ekspor Jabar ditujukan ke ASEAN dengan negara tujuan utama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (8) Provinsi Riau melakukan kegiatan ekspor terutama ke kawasan Singapura. Simpulan manakah yang paling tepat untuk teks tersebut? (SBMPTN 2013)

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut!

    (1) Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 membuka peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui integrasi ekonomi dan keuangan di kawasan. (2) Luasnya wilayah Indonesia dengan komoditas unggulan ekspor yang relatif bervariasi antarprovinsi membuka peluang peningkatan diversifikasi ekspor Indonesia, baik dalam rangka meningkatkan ekspor ke kawasan ASEAN, Asia lainnya, maupun dunia. (3) Secara spesifik, ekspor Indonesia ditentukan oleh kinerja ekonomi dan perdagangan provinsi. (4) Perdagangan internasional di suatu negara dapat dibangun oleh perdagangan dari setiap provinsi.

    (5) Unggulan ekspor yang relatif bervariasi antarprovinsi dapat didayagunakan untuk memacu pertumbuhan ekspornya. (6) Hingga saat ini, provinsi yang paling dominan melakukan kegiatan ekspor adalah Jawa Barat diikuti Riau, Jawa Timur, dan Jakarta. (7) Sebanyak 26,2% ekspor Jabar ditujukan ke ASEAN dengan negara tujuan utama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (8) Provinsi Riau melakukan kegiatan ekspor terutama ke kawasan Singapura.


Simpulan manakah yang paling tepat untuk teks tersebut? (SBMPTN 2013)undefined  

  1. Komoditas ekspor Indonesia yang sangat bervariasi memacu peningkatan diversifikasi ekspor ke dunia.undefined  

  2. Setiap wilayah di Indonesia memiliki kekhususan komoditas utama yang diekspor ke kawasan ASEAN.undefined  

  3. Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 memacu pertumbuhan ekspor Indonesia.undefined  

  4. Sebagian besar provinsi di Indonesia hanya memiliki komoditas ekspor utama yang terbatas.undefined  

  5. Peningkatan kesejahteraan bangsa dapat dilakukan melalui pengintegrasian ekonomi dan keuangan kawasan.undefined  

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Kesimpulan atau simpulan adalah kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang didasarkan pada uraian sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menemukan kesimpulan yang tepat, pembaca harus memahami keseluruhan isi teks.

Kalimat pertama dalam paragraf pertama teks di atas menyebutkan bahwa pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 membuka peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui integrasi ekonomi dan keuangan di kawasan. Peluang dan tantangan yang dimaksud dijelaskan pada kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yakni ekspor Indonesia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 memberikan peluang sekaligus tantangan terhadap pertumbuhan ekspor Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

35

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks berikut!     Dalam memasuki era baru perpajakan, dibutuhkan perubahan paradigma seluruh elemen bangsa, termasuk para pejabat negara, pegawai, pegawai sektor keuangan, penegak hukum, d...

82

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia