Perhatikan teks berikut!     (1) Prasangka tentang manusia Neanderthal mengalami perubahan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report pada akhir Agustus 2017. (2) Selama ini, anggota awal genus Homo dari Eropa dan Asia ini diidentikkan dengan cara kuno dan ketidaktahuan. (3) Para peneliti mengungkapkan bahwa Neanderthal telah mampu menghasilkan lem untuk memenuhi kebutuhan mereka sekitar 200.000 tahun yang lalu. (4) Pada masa itu, manusia Neanderthal telah mampu merekatkan batu api dengan kayu dan menggunakannya sebagai tombak berburu.      (5) Untuk menyelidiki bagaimana manusia Neanderthal membuat lem, para peneliti dari Universitas Leiden, Belanda, melakukan simulasi dengan alat yang ada pada masa Paleolitikum. (6) Ternyata, cara yang paling sederhana adalah membakar gulungan kulit pohon birch pada suhu tinggi, sedangkan cara yang kompleks adalah membuat struktur dari kulit pohon birch dan membakarnya. (7) Para peneliti juga mencatat waktu, suhu, dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan tar. (8) Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti mengusulkan bahwa manusia Neanderthal kemungkinan besar menemukan lem setelah menyadari adanya tar pada gulungan kulit pohon birch yang terbakar. (9) Pohon ini telah tersedia di Eropa selama masa Pleistosen. (10) Mereka kemudian berusaha untuk memproduksi pohon tersebut dalam jumlah banyak karena menggabungkan teknologi dan pengetahuan mereka pada saat itu. Apa simpulan yang tepat dari bacaan tersebut? (SIMAK UI 2018)

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


    (1) Prasangka tentang manusia Neanderthal mengalami perubahan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report pada akhir Agustus 2017. (2) Selama ini, anggota awal genus Homo dari Eropa dan Asia ini diidentikkan dengan cara kuno dan ketidaktahuan. (3) Para peneliti mengungkapkan bahwa Neanderthal telah mampu menghasilkan lem untuk memenuhi kebutuhan mereka sekitar 200.000 tahun yang lalu. (4) Pada masa itu, manusia Neanderthal telah mampu merekatkan batu api dengan kayu dan menggunakannya sebagai tombak berburu.

     (5) Untuk menyelidiki bagaimana manusia Neanderthal membuat lem, para peneliti dari Universitas Leiden, Belanda, melakukan simulasi dengan alat yang ada pada masa Paleolitikum. (6) Ternyata, cara yang paling sederhana adalah membakar gulungan kulit pohon birch pada suhu tinggi, sedangkan cara yang kompleks adalah membuat struktur dari kulit pohon birch dan membakarnya. (7) Para peneliti juga mencatat waktu, suhu, dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan tar. (8) Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti mengusulkan bahwa manusia Neanderthal kemungkinan besar menemukan lem setelah menyadari adanya tar pada gulungan kulit pohon birch yang terbakar. (9) Pohon ini telah tersedia di Eropa selama masa Pleistosen. (10) Mereka kemudian berusaha untuk memproduksi pohon tersebut dalam jumlah banyak karena menggabungkan teknologi dan pengetahuan mereka pada saat itu.


Apa simpulan yang tepat dari bacaan tersebut?

(SIMAK UI 2018)

  1. Mata pencaharian manusia Neanderthal adalah berburu.undefined 

  2. Penelitian tentang manusia Neanderthal masih berlanjut.undefined 

  3. Manusia Neanderthal memiliki pengetahuan tentang teknologi.undefined 

  4. Teknologi pembuatan lem dikenal pada masa sebelum Paleolitikum.undefined 

  5. Lem yang digunakan oleh manusia Neanderthal adalah tar dari pohon birch.undefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Simpulan merupakan pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya. Jadi, simpulan suatu teks harus berdasar pada keseluruhan paragraf yang ada dalam teks tersebut.

Paragraf pertama bacaan di atas membahas adanya perubahan prasangka tentang manusia Neanderthal. Dalam paragraf, disebutkan bahwa manusia Neanderthal mampu menghasilkan lem untuk memenuhi kebutuhan mereka sekitar 200.000 tahun yang lalu. Secara tidak langsung, hal itu menunjukkan bahwa manusia Neanderthal ternyata lebih maju daripada yang disangka sebelumnya. Paragraf kedua memberikan paparan lebih lanjut mengenai penelitian tentang manusia Neanderthal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia Neanderthal kemungkinan besar bisa menemukan lem karena mampu menggabungkan teknologi dan pengetahuan pada masa itu. Berdasarkan isi kedua paragraf tersebut, dapat ditarik simpulan bahwa manusia Neanderthal telah memiliki pengetahuan tentang teknologi. 

  • Pilihan A tidak tepat. Pernyataan A tidak dibahas dalam keseluruhan bacaan. Masalah berburu hanya disinggung pada kalimat (4), yakni Pada masa itu, manusia Neanderthal telah mampu merekatkan batu api dengan kayu dan menggunakannya sebagai tombak berburu.
  • Pilihan B tidak tepat dijadikan simpulan karena hanya disinggung pada bagian tertentu dalam bacaan. Selain itu, bacaan di atas tidak membahas penelitian yang masih berlanjut.
  • Pilihan D tidak tepat. Pada kalimat (5), disebutkan bahwa para peneliti melakukan simulasi dengan alat yang ada pada masa Paleolitikum untuk menyelidiki cara manusia Neanderthal membuat lem. Namun, pernyataan D bukanlah simpulan yang didasarkan pada keseluruhan isi bacaan.
  • Pilihan E tidak tepat. Pada kalimat (8), disebutkan bahwa manusia Neanderthal kemungkinan besar menemukan lem setelah menyadari adanya tar pada gulungan kulit pohon birch yang terbakar. Jadi, pernyataan E hanyalah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan, tetapi bukan simpulan yang didasarkan pada keseluruhan isi bacaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

65

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Cady dan para koleganya meneliti 6.997 pasien kanker payudara. Sebagian dari mereka rutin menjalani mamografi pada periode 1990—1999 dan sebagian lainnya tidak. Perk...

191

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia