Roboguru

Berdasarkan cerita di atas, jelaskan pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut!

Pertanyaan

Berdasarkan cerita di atas, jelaskan pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut!space 

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Raja Kuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Raden Panji menjadi iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Oleh karena itu, ia ...

Pembahasan Soal:

Watak dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Watak Raden Panji dan Raden Anom digambarkan dari narasi penulis terhadap tokoh. Pada kalimat dua, penulis menggambarkan watak tokoh menggunakan narasi berupa Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Watak Kodok adalah peminta-minta, sedangkan Monyet ...

Pembahasan Soal:

Watak adalah penggambaran sifat seorang tokoh dalam drama. Watak tokoh dalam cerita fabel ditunjukkan oleh para binatang yang digambarkan karakter baik/protagonis dan ada yang buruk/antagonis. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh.

Berdasarkan kutipan, teks tersebut berisi tentang Sang Kodok yang meminta makanan kepada Monyet. Namun, Monyet tidak memberi dan mengatakan kepada Kodok agar makan kulitnya saja. Hal yang diucapkan Monyet tersebut menunjukkan sikap yang pelit.
Dengan demikian, watak tokoh monyet pada cerita di atas adalah pelit.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Sudut pandang kutipan cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Fabel adalah cerita fiksi dengan binatang sebagai tokoh utamanya yang diceritakan seolah-olah dapat berperilaku seperti manusia.

Sudut pandang yang digunakan pada fabel di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga ditandai penceritaan yang dilakukan dengan menyebutkan nama tokoh yaitu Gora dan Gori. Selain itu, juga menggunakan kata ganti orang ketiga jamak yaitu mereka. Serta pencerita sebagai orang di luar cerita.

Sudut pandang kutipan cerita tersebut adalah orang ketiga di luar cerita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Watak tokoh /karakter Jiji pada fabel di atas adalah…

Pembahasan Soal:

Watak merupakan salah satu unsur pembangun fabel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, watak adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku, budi pekerti, tabiat. Berikut ini adalah analisis watak tokoh atau karakter Jiji pada fabel di atas, yaitu:

  1. Pada kalimat yang berbunyi "Sang Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan apa saja yang penting tidak merugikan orang lain.", dari kalimat tersebut terlihat jelas bahwa watak tokoh Jiji adalah pantang menyerah dalam mencari pekerjaan yang penting tidak merugikan orang lain.
  2. Pada kalimat yang berbunyi "Jiji terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus, ia harus menekuk leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi untuk menjadi sopir truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia tekuk, hidungnya menyentuh kemudi truk.", dari kalimat tersebut terlihat jelas bahwa watak tokoh Jiji adalah pantang menyerah dalam mencari pekerjaan, ketika tidak mendapatkan satu pekerjaan, Jiji mencari pekerjaan yang lain walaupun akhirnya pekerjaan itu pun tidak diperolehnya.
  3. Pada kalimat yang berbunyi "Aku bisa membantumu,"Jiji menawarkan diri. "Kau bisa menggunakan aku sebagai tangga.”, dari kalimat tersebut terlihat jelas watak tokoh Jiji adalah pantang menyerah, setelah dia tidak mendapatkan pekerjaan kondektur dan supir, Jiji terus berusaha dengan cara menawarkan dirinya untuk sebagai sebuah tangga untuk membantu pekerjaan temannya.


Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa watak tokoh /karakter Jiji pada fabel di atas adalah pantang menyerah.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space

0

Roboguru

Watak tokoh Landa pada kutipan fabel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia.

Salah satu unsur instrinsik fabel adalah watak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, watak adalah sifat batin manusia yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat.

Pada kutipan fabel terdapat kalimat, “Si Landak tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada ditubuhnya akan menusuk temannya.” yang menyatakan bahwa tokoh Landa peduli.


Dengan demikian, watak tokoh Landa pada kutipan fabel tersebut adalah peduli.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved