Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara mengetahui adanya dekstrin pada hidrolisis amilum? Apakah kegunaan dari dekstrin?

  1. Bagaimana cara mengetahui adanya dekstrin pada hidrolisis amilum?space 
  2. Apakah kegunaan dari dekstrin?space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dekstrin dapat diketahui dengan kombinasi antara uji iodium dan uji Fehling/Benedict. Dekstrin banyak digunakan pada industri makanan dan minuman, tekstil, karet, dan industri perekat (lem). Dekstrin adalah karbohidrat bermassa molekul rendah yang merupakan hasil hidrolisis amilum atau glikogen. Dekstrin merupakan produk intermediet sebelum amilum atau glikogen berubah semua menjadi glukosa. Untuk mengetahui adanya dekstrin, dapat dilakukan dengan kombinasi uji iodium dan uji Fehling atau Benedict. Uji iodium: amilum dapat bereaksi menghasilkan warna biru, dekstrin menghasilkan warna merah anggur , sedangkan glukosa bereaksi negatif. Uji Fehling/Benedict: untuk mengetahui apakah ada dekstrin atau semua amilum sudah terhidrolisis menjadi glukosa. Pereaksi Fehling/Benedict hanya bereaksi positif dengan glukosa menghasilkan endapanmerah bata, sedangkan pada dekstrin dan amilum tidak bereaksi. Dekstrin banyak digunakan pada industri makanan dan minuman, tekstil, karet, dan industri perekat (lem). Salah satu produknya, yaitu maltodekstrin (campuran dekstrin, glukosa, maltosa), banyak digunakan sebagai pengental, pengawet, dan dapat memperbaiki tekstur makanan.

  1. Dekstrin dapat diketahui dengan kombinasi antara uji iodium dan uji Fehling/Benedict.
  2. Dekstrin banyak digunakan pada industri makanan dan minuman, tekstil, karet, dan industri perekat (lem).

Dekstrin adalah karbohidrat bermassa molekul rendah yang merupakan hasil hidrolisis amilum atau glikogen. Dekstrin merupakan produk intermediet sebelum amilum atau glikogen berubah semua menjadi glukosa. Untuk mengetahui adanya dekstrin, dapat dilakukan dengan kombinasi uji iodium dan uji Fehling atau Benedict.

  • Uji iodium: amilum dapat bereaksi menghasilkan warna biru, dekstrin menghasilkan warna merah anggur, sedangkan glukosa bereaksi negatif.
  • Uji Fehling/Benedict: untuk mengetahui apakah ada dekstrin atau semua amilum sudah terhidrolisis menjadi glukosa. Pereaksi Fehling/Benedict hanya bereaksi positif dengan glukosa menghasilkan endapan merah bata, sedangkan pada dekstrin dan amilum tidak bereaksi.

Dekstrin banyak digunakan pada industri makanan dan minuman, tekstil, karet, dan industri perekat (lem). Salah satu produknya, yaitu maltodekstrin (campuran dekstrin, glukosa, maltosa), banyak digunakan sebagai pengental, pengawet, dan dapat memperbaiki tekstur makanan.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hasil pengujian suatu larutan sejenis karbohidrat sebagai berikut. Dengan larutan I 2 ​ , warna I 2 ​ tetap. Dengan larutan Fehling/Benedict, tidak bereaksi. Hasil hidrolisisnya mempunyai ...

2

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia